Download MP3 Lagu Daerah Indonesia Ada Lagu Cuk Mak Ilang dari Palembang Lengkap Lirik & Video Klip

Cuk mak ilang adalah salah satu lagu daerah Kota Palembang Sumatera Selatan. Ingin mendengarkan & mendownload lagunya, kalian bisa cek disini lengkap

Download MP3 Lagu Daerah Indonesia Ada Lagu Cuk Mak Ilang dari Palembang Lengkap Lirik & Video Klip
Youtube Channel
Download Lagu Daerah Mp3 Ada Cuk Mak Ilang Lagu Daerah Dari Palembang 

SRIPOKU.COM - Indonesia tidak hanya memiliki lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya. Karena suku dan adat yang beragam, Indonesia juga memiliki lagu daerah disetiap tempatnya. Namun saat ini, dengan perkembangan jaman, lagu daerah semakin hari kian ditinggal masyarakat.

Padahal lagu daerah memiliki artinya sendiri bagi satu kota provinsi maupun daerah tersebut.

Dikutip dari Wikipedia, lagu daerah adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

Lagu daerah atau musik daerah ini biasanya muncul dan dinyanyikan atau dimainkan pada tradisi-tradisi tertentu pada masing-masing daerah, misal pada saat menina-bobok-kan anak, permainan anak-anak, hiburan rakyat, pesta rakyat, perjuangan rakyat, dan lain sebagainya.

Lagu kedaerahan biasanya merujuk kepada sebuah lagu yang mempunyai irama khusus bagi sebuah daerah. Terdapat lagu-lagu kedaerahan yang telah menjadi popular diseluruh negara hasil penyiaran oleh radio dan televisi.

Lagu kedaerahan mirip dengan lagu kebangsaan, namun statusnya hanya bersifat kedaerahan saja. Lagu kedaerahan biasanya memiliki lirik sesuai dengan bahasa daerahnya masing-masing seperti lagu cuk mak ilang dari Kota Palembang.

Sejarah Lagu Cuk Mak Ilang

Dilansir dari kumpulan lagu daerah,

Lagu Cuk Mak Ilang termasuk salah satu lagu terkenal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Lagu ini sendiri dinyanyikan dengan asyik dengan nada lagu riang. Lagu Cuk Mak Ilang sangat kental dengan nuansa daerahnya karena menyelipkan nama-nama daerah dalam lirik-lirik pantunnya.

Lagu Cuk Mak Ilang tidaklah diketahui siapa penciptanya (Anonim). Selain disebut dengan Cuk Mak Ilang, ada juga yang menyebut dengan Cup Mak Ilang. Seperti halnya lagu-lagu daerah lawas atau lagu Melayu lama pada umumnya, banyak lagu dibikin dalam bentuk puisi lama jenis pantun. Lagu Cuk Mak Ilang juga berbentuk pantun. Banyak versi dari lagu ini dengan berbagai pantun sesuai dengan tema pantun yang akan dibawakan.

Halaman
1234
Penulis: Feny Maulia Agustin
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved