Berita Otomotif

Banyak Faktor Penyebab Terjadinya Mobil Terbakar, Termasuk yang Dialami Nissan Grand Livina

Sebelum mobil terbakar, terlebih dahulu mengalami pecah ban dan sebelum kejadian muncul percikan api di bagian bawah mobil.

Banyak Faktor Penyebab Terjadinya Mobil Terbakar, Termasuk yang Dialami Nissan Grand Livina
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Rudimanjaya-Instruktur Otomotif di Palembang 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Terbakarnya mobil Nissan Grand Livina bewarna silver di depan ATM BRI Simpang Polda, Jalan Demang Lebar Daun masih menjadi tanda tanya penyebabnya, Senin (11/3/2019).

Diketahui, sebelum mobil terbakar terlebih dahulu mengalami pecah ban dan sebelum kejadian muncul percikan api di bagian bawah mobil.

"Tadi tedengar suara letupan dari mobil. Kondisi lagi hujan deras terus orang-orang teriak api-api," ujar Dedi, seorang penjual kacang di TKP.

Banyak ahli mesin kendaraan melihat kejadian sepertinya disebabkan banyak faktor. Terdapat cairan mudah terbakar yang bersirkulasi ketika mobil dijalankan.

Seperti bensin, solar, oli mesin, oli transmisi, oli dan bahkan cairan pendingin mesin. Semua cairan ini bisa terbakar jika selang atau tangkinya bocor.

Kebocoran adalah penyebab utama dalam berbagai insiden kebakaran mobil. Dalam suhu sekitar 7,2 derajat Celcius, bensin bisa terbakar dengan percikan kecil, seperti api yang berasal dari ruang bakar mobil.

Cara terbaik mencegah hal ini terjadi adalah merawat sistem sirkulasi bahan bakar dan oli mobil. Jika mencium bau bensin di sekitar dan di dalam mobil, cari sumbernya dan segera perbaiki.

Kerusakan di sistem kelistrikan mobil adalah penyebab kedua kebakaran mobil. Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan timbunan gas hidrogen di ruang mesin. Gas ini bisa bocor jika terdapat kerusakan pada kabel. Percikan api pada gas bisa memantik timbulnya kebakaran dalam mobil.

Kebakaran akibat kerusakan listrik bisa terjadi hampir di seluruh bagian mobil. Pasalnya, sistem kelistikan mobil tidak hanya terdapat di bagian bawah kap mesin saja, melainkan di sekujur mobil, seperti pintu, di bawah karpet, pendingin hingga sistem audio.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved