Caranya Mudah, Begini Cara Bikin Animasi GIF dari Video YouTube

Berbagi konten animasi GIF menjadi salah satu keseruan dalam berinteraksi di internet. Umumnya, netizen mengandalkan layanan pengepul semacam Giphy da

Caranya Mudah, Begini Cara Bikin Animasi GIF dari Video YouTube
net/google
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM - Berbagi konten animasi GIF menjadi salah satu keseruan dalam berinteraksi di internet. Umumnya, netizen mengandalkan layanan pengepul semacam Giphy dan Tenor untuk mencari dan mengoleksi GIF.

Berita Lainnya:

Chatting WhatsApp dan Nonton Video Youtube Kini Bisa Dilakukan Bersamaan, Cara Aktifkan Mode PIP

WhatsApp Rilis Fitur Baru, Bisa Nonton Video Youtube Tanpa Tutup Aplikasi

Namun, ada kalanya tema GIF tertentu tak tersedia di layanan pengepul. Anda sebenarnya bisa membuat GIF sendiri dari cuplikan video di YouTube.

Caranya mudah, pertama-tama buka YouTube dari peramban di desktop. Selanjutnya, cari video yang cuplikannya hendak dijadikan GIF.

Salin URL video tersebut, lantas buka situs gifs.com dan masukkan URL video ke kolom yang tersedia. Tunggu beberapa saat hingga video terpampang di gifs.com.

Selanjutnya, Anda bisa memilih cuplikan mana dari video yang bakal dijadikan GIF. Ada pula pilihan untuk menambah stiker dan efek lainnya jika diinginkan.

Tekan ikon centang berwarna hijau di sisi kiri bawah antarmuka situs untuk melihat seperti apa hasil akhir GIF.

Jika sesuai kehendak hati, tekan tombol “Create GIF” di sisi kanan atas antarmuka situs. Anda bakal diminta mengisi judul GIF, lalu tekan “Next” untuk proses berikutnya,

Ada dua opsi yang lantas muncul. Pertama, beralih ke premium untuk menghilangkan watermark pada GIF. Harganya 8 dollar (Rp 11.000-an) per bulan, tetapi pengguna baru bisa gratis uji coba (free trial) selama sepekan.

Anda bisa pula memanfaatkan layanan secara gratis, dengan konsekuensi ada watermark pada GIF, sebagaimana percobaan KompasTekno, Rabu (6/3/2019).

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved