Tangkap Tangan Pelaku Money Politik Pileg 2019, Warga Langsung Dibayar Tunai Rp 10 Juta

Pasalnya, tiga anggota partai di Kota Prabumulih akan memberikan uang Rp 10 juta bagi masyarakat yang berhasil menangkap pelaku money politik.

Tangkap Tangan Pelaku Money Politik Pileg 2019, Warga Langsung Dibayar Tunai Rp 10 Juta
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH - Masyarakat kota Prabumulih yang berhasil menangkap pelaku pemberi uang atau money politik dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019, siap-siap mendapat uang.

Pasalnya, tiga anggota partai di Kota Prabumulih akan memberikan uang Rp 10 juta bagi masyarakat yang berhasil menangkap pelaku money politik.

Hal itu sebagai bentuk kekecewaan terhadap Bawaslu kota Prabumulih yang hingga saat ini sudah banyak isu money politik namun tak ada tindakan dilakukan lembaga pengawas pemilu itu.

Model Cilik Academy of Management Palembang Tampil Unik dalam Balutan Desaigner Ko Siung Siung

Dulu Tak Direstui, Jauh dari Sorotan Media, Ternyata Begini Kabar Mantan Nia Ramadhani Sekarang

Gubernur Sumsel Herman Deru Kunker Ke OKI dan OKU Timur, Minta Warga Manfaatkan Sungai Komering

Adapun tiga anggota partai yang akan memberikan uang bagi warga menangkap pelaku money politik antara lain Rondon Juleno dari Partai Bulan Bintang (PBB), Sekretaris Partai Perindo, Ronald dan Ketua Partai Bekarya, Supandi SH.

"Jika Bawaslu tidak bertindak dan tidak ada tindakan, kami partai punya inisiatif, bagi warga yang menangkap pelaku politik uang atau money politik kami akan beri reward Rp 10 juta, dari kami Supandi dari Bekarya, Ronald Partai Bekarya dan saya Rondon Juleno dari PBB," ungkap Rondon Juleno ketika diwawancarai wartawan kemarin.

Rondon mengatakan, tentu saja warga yang menangkap pelaku money politik harus tertangkap tangan dan mempunyai bukti serta siap bersaksi lalu dilaporkan ke Bawaslu.

Murka Diblokir, Nikita Mirzani Bongkar Kedekatan Syahrini & Reino Barack, Ketahuan Pernah Begini!

Jadi Duda Tajir, Rahasia Kehidupan Sule Terbongkar, Kematian 7 Kakaknya hingga Alasan Ganti Nama

5 Artis Pernah Dituding ‘Teman Makan Teman’, Ada yang Berakhir jadi Musuh, Nomor 3 Bak Kena Karma!

"Bukti ada uang dan orangnya, mau bersaksi dan melapor ke Bawaslu, kami akan kawal dan berikan reward Rp 10 juta," katanya seraya mengatakan jika warga menginginkan anggota dewan berkualitas.

Politisi PBB itu menjelaskan, inisiatif para partai itu dilakukan untuk merangsang bawaslu agar bertindak dan melaksanakan kewajiban selaku pengawas dengan baik sehinga tidak dari tahun ke tahun masyarakat selalu dicekoki politik praktis yang ujung-ujungnya memakai duit.

"Ayo para caleg adu program yang bagus ke masyarakat, jangan dikit-dikit duit, kalau kamu coblos aku Rp 200 atau Rp 300 ribu dan sebagainya. Jadi kalau bawaslu tidak bersikap maka kami partai politik akan bersikap," jelasnya.

Lebih lanjut putra daerah kota Prabumulih itu menerangkan, di dalam Undang-undang no 7/2017 tentang pemilu jelas diatur yang memberikan sesuatu untuk mempengaruhi mata pilih, mempengaruhi mata pilih untuk tidak memilih atau mengarahkan ke seseorang dengan iming-iming sesuatu akan dikenakan sanksi pidana.

Masuk Bulan Rajab, Ini Amalan dan Keistimewaannya Menurut Ustaz Abdul Somad & Khalid Basalamah

12 Karakter Suami Berdasarkan Zodiak, Ini Tipe Suami yang Paling Pemarah hingga Paling Penyayang

Undangan Pernikahan dengan Isyana Sarasvati Tersebar, Ini Reaksi Kaesang Pangarep, Gelarnya Disoroti

Halaman
12
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved