Bingung Hadapi Krisis Finansial? Begini Cara Bangkit dari Krisis Finansial Berkepanjangan

Bingung menghadapi krisis finansial yang tak ada hentinya? Merasa bahwa Anda tidak bisa keluar dari krisis tersebut?

Bingung Hadapi Krisis Finansial? Begini Cara Bangkit dari Krisis Finansial Berkepanjangan
SRIPOKU.COM/REFLI PERMANA
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Bingung menghadapi krisis finansial yang tak ada hentinya? Merasa bahwa Anda tidak bisa keluar dari krisis tersebut?

Jangan khawatir, banyak orang yang berhasil keluar dari krisis finansialnya sendiri. Bila mereka bisa, Anda pun bisa melakukannya.

Berita Lainnya:

World Bank: Perekonomian Indonesia Juara Ditengah Krisis Finansial

Cara SFC-Persija Atasi Krisis Finansial

Simak tipsnya di bawah ini dilansir dari CNBC, Jumat (8/3/2019).

1. Lacak pengeluaran Anda
Melacak pengeluaran atau mencatat setiap uang yang keluar merupakan ide yang tepat. Dari catatan tersebut, Anda akan mengetahui seberapa banyak uang yang telah Anda anggarkan untuk kebutuhan Anda. Bisa jadi, masih banyak anggaran-anggaran yang sebenarnya tidak perlu dan tidak mendesak.

"Orang tidak menyadari bahwa mereka bisa menghabiskan banyak uang dalam sebulan hanya untuk makan di luar rumah," kata Lance Cothen, pendiri The Money Manifesto.

Jadikan menabung sebagai prioritas, bukan omongan semata. Menurut Muhammad Andoko, seorang Commisioner dan penulis buku, uang tabungan harus disisihkan bukan disisakan setelah kebutuhan dan keinginan lainnya terpenuhi.

Dengan menabung, kebutuhan mendesak lainnya bisa ditangani.

2. Cari alternatif berbiaya rendah
Bila Anda ingin membeli sesuatu tapi harganya terlalu mahal, maka carilah alternatif lain. Carilah harga yang lebih murah atau ajak teman Anda untuk membayar bersama.

Belajarlah mengelola uang secara bertahap bila tidak bisa melakukannya sekaligus. Tetapkan batas pengeluaran dan tabungan, serta carilah pekerjaan sampingan yang masih bisa Anda lakukan agar Anda dapat memenuhi segala kebutuhan.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved