News Video Sripo

Video BMKG Prediksi Musim Kemarau 2019 di Sumsel Masuk Saat Bulan Puasa Ramadhan

Badan metereologi klimatologi dan geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun 2019 di wilayah sumsel masuk saat bulan puasa ramadhan

Laporan Wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM,PALEMBANG --  Badan metereologi klimatologi dan geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun 2019 di wilayah sumsel masuk saat bulan puasa ramadhan pada bulan mei, Senin (4/3/2019).

Berdasarkan prospek yang telah dirapatkan bmkg palembang dengan bmkg pusat, musim kemarau untuk wilayah sumsel akan dimulai pada bulan mei dan di bulan juni semua daerah di sumsel sudah mengalami kemarau dan puncaknya di bulan agustus hingga september.

Kasi data dan informasi bmkg stasiun klimatologi klas i kenten palembang nandang pangaribowo menjelaskan prediksi tersebut berdasarkan prakiraan curah hujan tiga bulan ke depan di mana puncak musim hujan akan terjadi pada bulan maret dan berakhir di bulan april lalu masuk pancaroba atau peralihan.

Meski sudah bisa memprediksi awal musim ke kemarau namun pihaknya belum bisa menyatakan akan terjadi kemarau panjang atau el nino seperti informasi yang banyak beredar bmkg sumsel sendiri belum pernah merilis kemarau akan terjadi lebih panjang sebab berdasarkan data milik bmkg terkait dinamika atmosfer prediksi terjadinya el nino masih dikategori lemah sampai moderet.

Normalnya berdasarkan data 10 tahun terakhir di sumsel puncak musim hujan ada di bulan maret namun hujan masih di level normal di kisaran 300 hingga 400 milimeter.

Meski begitu masyarakat diminta tetap waspada karena mungkin tanah atau tebing mulai rentan akibat sering terkena air sehingga bisa labil bergeser atau licin.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved