News Video Sripo

Video Gua Jepang KM 5 Palembang Dipenuhi Belukar dan Sampah

Gua Jepang ini dulunya merupakan komplek bunker pertahanan tentara Jepang pada tahun 1942-1945.

SRIPOKU.COM,PALEMBANG- - Tidak banyak yang tahu keberadaan gua Jepang yang berada di belakang pasar KM 5 Palembang, padahal gua ini termasuk dalam peninggalan bersejarah di kota Palembang, tetapi sayang kondisi gua ini sekarang sangat memprihatinkan, Rabu (27/02/2019).

Gua Jepang ini dulunya merupakan komplek bunker pertahanan tentara Jepang pada tahun 1942-1945.

Lokasi ini dipilih karena berada di kawasan perbukitan dan menghadap ke laut, gua ini sendiri dibangun menggunakan tenaga romusa pada masa perang dunia ke-2.

Akan tetapi sangat disangkan pemerintah kota Palembang sepertinya enggan memberikan perhatian khusus terhadap gua ini meski Palembang sudah berkali-kali ganti Walikota.

= = =

Menurut Dodi Yuspika ketua RT 21 Kelurahan Ario Kemuning mengatakan bahwa lokasi dimana berdirinya gua Jepang pembersihan area di sekitar gua Jepang sering dilakukan dan dana yang digunakan untuk pembersihan menggunakan dana pribadi.

Namun sekarang pihaknya terkendala dana untuk membersihakan kembali lokasi gua Jepang sedangkan dari pemerintah belum ada bantuan sama sekali.

Kondisi gua Jepang saat ini banyak dipenuhi semak belukar dan didalam gua terdapat banyak sampah serta dinding dipenuhi coretan.

Dodi berharap ada bantuan dari pemerintah untuk melestarikan gua peninggalan pertempuran jaman penjajahan serta tempat ini di tetapkan sebagai cagar budaya dan ikut di rawat.

= = =

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved