Belum Lapor Keuangan Dana Desa, Inspektorat Periksa 69 Kades

Batas waktu (deadline) yang diberikan Bupati Empatlawang H Joncik Muhammad kepada Kepala Desa (Kades) agar menyelesaikan laporan keuangan di sistem Ke

Belum Lapor Keuangan Dana Desa, Inspektorat Periksa 69 Kades
https://www.google.com/
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , EMPATLAWANG - Batas waktu (deadline) yang diberikan Bupati Empatlawang H Joncik Muhammad kepada Kepala Desa (Kades) agar menyelesaikan laporan keuangan di sistem Keuangan Desa (Siskeudes), ternyata belum 100 persen dipatuhi. Sebanyak 69 Kades (42 persen) belum melaporkan alokasi penggunaan dana desa. Padahal, tenggat waktu diberikan cukup lama.

Berita Lainnya:
Alihkan Seluruh Uang Dana Desa ke Rekening Pribadi, Mantan Kades di OKU Terancam 5 Tahun Penjara
Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya Minta Penggunaan Dana Desa Diawasi Lebih Ketat

Berdasarkan data Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Empatlawang, melalui Bidang Pemerintah Desa, Agusman Mulyadi mengatakan, saat ini baru 58 persen desa di Empatlawang sudah menyelesaikan laporan Siskeudes 2018. 42 persen belum ada yang melapor.

Bahkan banyak desa yang belum sama sekali menyelesaikan Siskeudes diantaranya, Kecamatan Muarapinang ada 22 desa belum selesai Siskeudes, Kecamatan Pendopo terdapat 12 Desa, Kecamatan Lintangkanan ada 16 Desa, Kecamatan Paiker terdata 15 Desa.

Selain itu, Kecamatan yang baru sebagian selesai, yakni Kecamatan Sikapdalam yang masih satu desa, Kecamatan Saling masih terdapat tiga desa lagi yang belum melapor. Begitu juga dengan Kecamatan Pendopo Barat terdapat satu desa lagi.

Hal yang sama juga di Kecamatan Tebingtinggi, masih ada empat desa yang belum tuntas laporannya. Sedangkan Kecamatan yang selesai 100 persen, seluruhnya melaporkan Siskeudes Ulumusi dan Kecamatan Talangpadang.

"Bagi desa yang tidak melaporkan Siskeudes, ini artinya dana desa di 2018 ini akan di periksa inspektorat, artinya ada apa tidak buat Siskeudes patut dipertanyakan penggunaanya," kata Agusman, Selasa (26/2/2019).

Lebih lanjut Agusman menjelaskan jumlah desa yang selesai laporan Siskeudes ini ada yang sedang tahap entri, bukan seluruhnya belum membuat laporan.

"Namun memang ada beberapa desa yang belum, mereka agak sulit di perintahkan," kata dia. (cr27)

====

Penulis: Awijaya
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved