Berita Palembang

Oranger Pos Masih Belum Berikan Peran Signifikan, Belum Banyak Dikenal di Lapangan

Tingginya mobilitas pengiriman barang imbas dari bisnis daring nyatanya belum mendatangkan pertumbuhan bisnis yang cukup besar bagi kantor pos.

Oranger Pos Masih Belum Berikan Peran Signifikan, Belum Banyak Dikenal di Lapangan
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Fajar, Oranger Pos Palembang yang mendapatkan penghargaan sebagai Oranger terbaik tahun lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tingginya mobilitas pengiriman barang imbas dari bisnis daring nyatanya belum mendatangkan pertumbuhan bisnis yang cukup besar bagi kantor pos.

Oranger yang merupakan petugas siaga penjemput paket, surat maupun dokumen langsung dari pemesan pun dinilai belum signifikan tingkatkan pendapatan bagi kantor pos.

Kepala Kantor Pos Palembang, Risdayati mengatakan peran Oranger, dari target pendapatan sekitar Rp3 miliar tahun ini yang diharapkan berasal dari Oranger pun masih jauh dari yang diharapkan.

Hingga Februari ini pun tercatat Kantor Pos baru mengantongi di atas Rp100 jutaan atau masih di bawah 10 persen target yang dipasang di awal tahun.

Yuk Nonton Live Streaming Thailand vs Indonesia Final AFF U-22 di HP:Pembuktian Tuah Indra Sjafri

Musim Kemarau Mulai April Diprediksi Lebih Lama, BPBD Sumsel Patroli Via Udara Pantau Titik Hotspot

Ice Trisnawati Tewas Dijambret, Tangis Riki Pecah Saat Jenazah Istrinya Dimasukkan ke Liang Lahat

"Idealnya memang kita harus memiliki ratusan Oranger dan saat ini di Palembang baru ada 10 orang. Proses perekrutannya sebenarnya dalam setiap minggu ada 2 orang Oranger baru yang menjadi mitra namun sejak tahun lalu jumlahnya sedikit," katanya, Selasa (26/02/2019).

Padahal, menurut Risdayati peran Oranger ini akan memberikan pertumbuhan bisnis kantor pos atau setidaknya meningkatkan jumlah kiriman dokumen dan paket lewat kantor pos.

Belum masifnya informasi mengenai mitra kurir pos yang siap melayani pengiriman dari alamat pemesan ke tempat tujuan kiriman dalam waktu yang relatif singkat.

Faktor keaktifan dan militansi di kalangan Oranger pun menjadi salah satu penghambat meningkatnya jumlah kiriman.

Hasil Babak Pertama Persija Jakarta Vs Becamex Binh Duong, Banyak Peluang Emas Cetak Gol

Rapat Bersama Presiden, Herman Deru Usulkan Tambah Personil Polisi Kehutanan

Mengenal Lebih Dekat Gen Halilintar Hingga Siapa Anak Kesayangan Ibu Gen dan Bapak Gen

"Sebenarnya kami sudah lakukan banyak sosialisasi namun memang karena keterbatasan petugas di lapangan (Oranger) banyak masyarakat belum bisa memberikan kepercayaan pada kami," tambah Risdayati.

Saat ini berbagai strategi pun dilakukannya demi menggaet banyak orang untuk menjadi bagian Oranger.

Selain itu, upaya lainnya yaitu dengan menambah mitra pos yang disiapkan untuk bisa aktif menggunakan layanan yang terbilang masih cukup baru ini.

Mitra yang akan dimaksimalkan tersebut berasal dari kalangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bersinggungan dengan kurir ekspedisi.

"Jadi, ke depannya kita akan tambah mitra dari pengusaha ritel maupun pebisnis online yang setiap harinya memanfaatkan layanan pengiriman barang." ujarnya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved