Keberhasilan Pengembangan Komoditas Kelapa Sawit di Muba Jadi Sorotan Banyak Pihak

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam mengembangkan komoditas kelapa sawit kian menjadi sorotan banyak pihak.

Keberhasilan Pengembangan Komoditas Kelapa Sawit di Muba Jadi Sorotan Banyak Pihak
Dok. Humas Pemkab Muba
Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin saat didaulat menjadi pembicara 

SRIPOKU.COM, JAKARTA -- Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam mengembangkan komoditas kelapa sawit kian menjadi sorotan banyak pihak. Mulail evel nasional maupun internasional.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mendapatkan kepercayaan untuk menjadi narasumber kegiatan European Palm Oil Conference (EPOC) di Madrid.

“Pengembangan komoditas strategis sawit di Indonesia akan dapat berkontribusi pada capaian Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk Indonesia, dan ini sudah dimulai di Kabupaten Muba," kata Dodi waktu itu di sela menjadi pembicara EPOC di Madrid.

Menurut Dodi ada beberapa target untuk mewujudkan pembangunan hijau berkelanjutan.

Target utama mendorong pencapaian melalui sawit lestari yakni ketahanan pangan, ketersediaan air bersih, pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan.

Dodi yakin sawit lestari dapat menurunkan risiko ekspansi lahan dan deforestasi.

"Untuk dapat mencapai target tersebut ada beberapa tantangan kunci, salah satu yang paling dasar adalah kebutuhan data dan peta yang disepakati oleh semua pemangku kepentingan sesuai dengan Kebijakan Satu Peta dan Satu Data. Tanpa data - berbagai isu seperti legalitas, konflik lahan, sulitnya sertifikasi dan kebakaran lahan akan sulit dicegah," ungkapnya.

Diawali sukses pukau peserta Seminar Teknis Kelapa Sawit (STKS) di Palembang beberapa waktu yang lalu, H Dodi Reza Alex didaulat menjadi narasumber lokakarya mensinergikan rencana aksi kabupaten, provinsi dan nasional untuk pembangunan kelapa sawit berkelanjutan dan pencapaian SDGs.

Acara yang digelar Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FOKSBI), ini dihelat di Hotel Aryaduta Jakarta pada Senin (25/2/2019).

Di Kabupaten Muba, jelas Dodi, telah sukses melakukan pilot project peremajaan atau replanting perkebunan kelapa sawit pada 2017 lalu.

Halaman
123
Editor: Siti Olisa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved