Berita Muaraenim

Rasihan CS Curi Kabel Listrik PT Sdepci Indonesia Senilai Rp300 Juta

Aksi Achmad Rasihan (41) dan rekannya masih buron bernama Antonius (45) keduanya warga Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim

Rasihan CS Curi Kabel Listrik PT Sdepci Indonesia Senilai Rp300 Juta
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tsk Achmad Rasihan bersama barang bukti 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM-- Aksi Achmad Rasihan (41) dan rekannya masih buron bernama Antonius (45) keduanya warga Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim, cukup nekat karena mencuri kabel jaringan listrik milik PT Sdepci Indonesia.

Akibatnya pelaku ditangkap dan ditembak karena berupaya melarikan diri di Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim, Sabtu (23/2/2019).

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, aksi pencurian kabel listrik yang menuju lokasi pembangunan PLTU Sumsel 1, Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim, pertama kali dilaporkan oleh Wang Xin (34) Mechanical Manager PT Sdepci Indonesia - China.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Senin tanggal 28 Januari 2019 sekitar pukul 10.30 di jalan masuk Lokasi pembangunan PLTU Sumsel 1, Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim. Pertamakali diketahui oleh Weng Xin bersama para pekerja Viki (29), Yu Ruisheng (37) dan Dedi Cahyadi (22), ketika hendak menuju ke lokasi pembangunan PLTU Sumsel.

Ketika akan melintas mereka melihat kabel listrik yang terpasang dari tiang listrik nomor 54 sampai dengan tiang listrik nomor 62 sudah tidak ada alias hilang. Atas kejadian temuan itu, ia langsung meloporkan kejadian tersebut ke Polsek Gunung Megang untuk ditindaklanjuti.

Usai menerima laporan, Team Trabazz Unit Reskrim Polsek Gunung Megang, langsung melakukan penyidikan. Setelah sebulan lebih melakukan penyelidikan, akhirnya diketahui nama-nama para pelaku dan langsung dilakukan pencarian. Kemudian team Trabazz mengetahui keberadaan pelaku Achmad Rasihan dan langsung ditangkap.

Sembari Tunggu Lomba Mewarnai, Para Ibu Ikut Lomba Selfie Bareng Suzuki

Buka Peluang Sponsor bagi Klub Sriwijaya FC, Dodi Reza Siap Bantu Dekati Repsol

Setelah itu, petugas langsung melakukan pengembangan ke tempat pelaku melakukan aksinya dan mencari alat yang digunakan oleh para pelaku. Namun pada saat melakukan penggembangan dan pencarian barang bukti, pelaku tersebut mencoba melarikan diri dan melawan anggota, lalu anggota Reskrim Polsek Gunung Megang langsung melakukan tindakan tegas dengan menembak kaki kirinya.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Humas Polres Muaraenim Iptu Ade, pihaknya telah berhasil menangkap tersangka Achmad Rasihan dan mengamankan barang buktinya satu alat penyadap karet terbuat dari besi bergagang kayu sepanjang 40 cm yang digunakan oleh pelaku sebagai alat pengupas kabel dan
plastik pembalut kabel berwarna Hitam sepanjang 2.700 meter.

Akibat ulah tersangka perusahaan dirugikan sekitar Rp 300 juta. Adapun modus tersangka yakni mengambil kabel dengan cara memanjat tiang listrik, dan tersangka mengetahui jika kabel tersebut belum dialiri listrik.

Selain itu situasi lokasi tempat pencurian sepi dan hutan serta semak masih lebat sehingga mendukung aksi pencurian. Untuk tersangka Antonius masih buron dan dalam pengejaran anggota. Atas perbuatannya tersangka akan dikenakan pasal 363 KUHP.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved