Dekatkan Layanan Kesehatan, Pemprov Sumsel Bakal Bangun RS Rujukan Zona Tipe B di Kota Lubuk Linggau

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengharapkan Kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yang belum mencapai Universal Helath Coverage (UHC)

Dekatkan Layanan Kesehatan, Pemprov Sumsel Bakal Bangun RS Rujukan Zona Tipe B di Kota Lubuk Linggau
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Gubernur Sumsel H Herman Deru melakukan kegiatan sinkronisasi Program Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Bertempat di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Empat Lawang, Jumat (22/2/2019). 

SRIPOKU.COM, EMPAT LAWANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengharapkan Kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yang belum mencapai Universal Helath Coverage (UHC) yakni adanya jaminan bagi semua orang mempunyai akses pada layanan kesehatan yang efektif tanpa menimbulkan kesulitan bagi penggunanya.

Harapan tersebut diungkapkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menyampaikan sambutan dalam sinkronisasi program Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang, Jumat (22/2) pagi.

"Di Sumsel sudah ada menerima diantaranya yang telah mencapai Universal Helath Coverage(UHC) ini. Untuk Empat Lawang segera kejar capaian UHC," harap Herman Deru.

Gubernur Sumsel : Inilah Herman Deru Tidak Pernah Memelihara Permusuhan

Naturalisasi Pemain Terbaru Timnas Indonesia Ingin Keluarganya Jadi WNI

Suka Pamer Harta, Ternyata Bukan Syahrini Artis Terkaya Indonesia, No 1 Malah Jarang Terekspose!

Lebih lanjut Herman Deru menambahkan, UHC merupakan jaminan bagi warga negara memiliki akses ke pusat layanan kesehatan baik dalam bentuk, preventiv, kuratif dan rehabilitatif dengan mutu yang memadai sehingga berjalan dengan efektif. Dengan jaminan layanan tersebut tidak menimbulkan beban secara finansial bagi si penggunanya.

"UHC bukan hannya itu saja namun juga terkait dengan peningkatan layanan kesehatan. Pelaksanaan program UHC ini akan berdampal pada perubahan pembayaran layanan kesehatan pada pasien di rumah sakit dan menggunakan kartu BPJS," lanjut Herman Deru.

Wujudkan Visi Emas Darussalam 2023, Siswa Bakal Shalat Subuh di Sekolah

BREAKING NEWS : Kabel Jembatan Musi IV Palembang Sepanjang 256 Meter Digasak Pencuri

Anggota TNI AU dan AVSEC Gagalkan Penyelundupan Sabu-sabu 2,650 Kg di Bandara SMB II Palembang

Gubenur menjelaskan, Pemprov Sumsel sesuai dengan perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, telah berupaya mengikutsertakan sebanyak banyaknya masyarakat Sumsel dalm program Jamininan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS.

“Upaya tersebut dilakukan dengan meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk dapat memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya dan mendorong kelompok masyarakat tertentu yang dianggap mampu untuk ikut serta dalam program JKN secara mandiri,” jelas Gubernur.

Mantan Bupati OKU Timur dua Periode ini juga menambahkan, untuk mendekatkan dan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Empat Lawang dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Sumsel akan membangun rumah sakit pratama yang dananya berasal dari dana CSR.

Begini Harapan Suami Bidan Desa yang Diperkosa dan Dirampok di Ogan Ilir Kepada Polisi

Pangdam II Sriwijaya : Pemilu dan Pilpres 2019, TNI AD Tetap Komitmen Selalu Menjaga Netralitas

Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial Lantik 208 Bintara TNI AD di Rindam II/Swj Putang-Lahat

Bahkan bukan itu saja pada tahun 2020 mendatang Pemprov telah merencanakan akan membangun Rumah Sakit Rujukan Zona Tipe B dengan lokasi di Kota Lubuk Linggau.

"Kenapa kita buat Rumah Sakit Rujukan zona. Tidak lain untuk mendekatkan layanan bagi pasien dari Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam. Mura dan Muratara. Yang selama ini harus merujuk ke kota Palembang. Nanti kita juga akan koneksikan dengan RS Sobirin Lubuk Linggau," tandas Herman Deru.

Hadir dalam acara sinkronisasi program Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang ini. Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad dan jajaran. Ketua TP PKK sumsel Hj Febrita Lustia, Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Denny Gabril. Para kepala OPD Provinsi Sumsel dan pejabat penting lainnya.

====

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved