Sumsel Maju

Mawardi Yahya: Penanganan Masalah Sampah Harus Ada Kerjasama Antar Daerah Bupati dan Walikota

Permasalahan sampah sudah menjadi isu global dan harus menjadi perhatian khusus demi menjaga lingkungan dan kesehatan.

Mawardi Yahya: Penanganan Masalah Sampah Harus Ada Kerjasama Antar Daerah Bupati dan Walikota
Humas Pemprov Sumsel
Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menerima salaman dari pejabatn Kementerian Lingkungan Hidup sebagai pemateri Rakernas Indonesia Bersih di Jakarta. 

JAKARTA - Permasalahan sampah sudah menjadi isu global dan harus menjadi perhatian khusus demi menjaga lingkungan dan kesehatan.

Untuk itu harus adanya kerjasama antara kabupaten/kota yang bertetangga untuk menanggulangi permasalahan sampah ini.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya usai mengikuti Rapat Kerja Nasional Indonesia Bersih Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dengan tema "Indonesia Bersih" yang diselenggarakan oleh Kementerian Hidup dan Kehutanan di Kantor Kementerian LH dan Kehutanan, Kamis (21/2).

"Penanganan masalah sampah tidak bisa sendiri, harus melibatkan semua unsur. Kabupaten yang bertetangga harus bekerjasama, misalkan tiga daerah contohkan Palembang dengan Ogan Ilir dan Banyuasin," ungkapnya.

Dengan bekerjasama antar daerah, sambungnya, sampah-sampah tersebut bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis.

Ia menambahkan, permasalahan sampah titik beratnya pada bupati atau walikota, namun bukan berarti provinsi lepas tangan namun tetap wajib membantu kabupaten dan kota baik dari sisi anggaran, fisik maupun yang lainnya.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya saat menghadiri acara Rakernas Indonesia Bersih di Jakarta.
Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya saat menghadiri acara Rakernas Indonesia Bersih di Jakarta. (Humas Pemprov Sumsel)

"Sebenarnya sudah menjadi kewajiban kita hidup bersih. Pemerintah kan terbatas, jadi sudah tanggung jawab kita semua," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi langkah Walikota Palembang, Harnojoyo yang gencar menangani permasalahan kebersihan dengan membersihkan sampah dan kali.

Namun, ada kalanya tidak hanya mengandalkan tenaga manusia, namun juga menggunakan tenaga teknologi.

"Ya, apa yang dilakukan Walikota Palembang bagus dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tapi, selain tenaga manusia juga diiringi dengan teknologi," tuturnya.

Halaman
12
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved