Hukum Tak Dengarkan Khutbah Jumat, Ustad Abdul Somad: Malaikat Pun Tutup Buku Ikut Menyimak

Hukum Tak Dengarkan Khutbah Jumat, Ustad Abdul Somad: Malaikat Pun Tutup Buku Ikut Menyimak

Hukum Tak Dengarkan Khutbah Jumat, Ustad Abdul Somad: Malaikat Pun Tutup Buku Ikut Menyimak
Istimewa
Hukum Tak Dengarkan Khutbah Jumat, Ustad Abdul Somad: Malaikat Pun Tutup Buku Ikut Menyimak 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Salat Jumat dimana terdapat rangkaian khutbah di dalamnya, maka wajib hukumnya bagi pria yang sudah dewasa. Maka itu, ada beberapa syarat dan rukun salat Jumat yang harus diikuti, termasuk salah satunya mendengarkan khutbah Jumat seperti dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somat.

Maka itu, UAS atau Ustadz Abdul Somat menyatakan, wajib mendengarkan Khutbah Jumat, yang merupakan salah satu rukun yang artinya wajib. Nah, bagaimana jika seseorang tidak mendengarkan khutbah Jumat atau berbicara saat khutbah berlangsung?

Selanjutnya Ustad Abdul Somad memiliki beberapa jawaban tegas, bahwa orang yang tidak mendengarkan khutbah adalah perbuatan sia-sia. Bahkan Malaikat pun tutup buku dan mendengar khutbah.

Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam salat Jumat, karena semuanya akan terjawab oleh penjelasan Ustadz Abdul Somad mulai dari hukum meninggalkan salat Jumat, 3 kali tidak salat Jumat, kemudian salah jumat tetapi tida mendengarkan khutbah Jumat, dan bagaimana Malaikat yang gemas melihat jamaah tidak mendengarkan salat Jumat.

1. Hukum Meninggalkan Salat Jumat
Siapa yang meninggalkan salat jumat, disengaja, Allah mengunci pintu hatinya.
"Hati terkunci, telinga tersumbat, mata tersumbat, gara-gara menyepelekan salat Jumat," ujar Ustadz Abdul Somad sapaannya.

Hal ini dipertegas dalam hadis yakni:
“Hendaklah orang yang suka meninggalkan shalat jumat menghentikan perbuatannya. Atau jika tidak Allah akan menutup hati-hati mereka, kemudian mereka benar-benar akan tergolong ke dalam orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim no. 865)

2. Hukum 3 Kali Tidak Salat Jumat
Jangan menyepelakan salat Jumat dan cepat datang, tujuan salat jumat mendengar Khutbah bukan hanya dua rakaat itu, tetapi ikuti semua rukumnnya. Artinya, cepat masuk ke masjid. Nah, bagaimana jika orang yang meninggalkan salat Jumat? itu lebih parah lagi, apalagi yang sudah 3 kali tidak melakukan salat Jumat.

“Barangsiapa meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena lalai terhadap shalat tersebut, Allah akan tutupi hatinya.” (HR. Abu Daud no. 1052, An Nasai no. 1369, dan Ahmad 3: 424.
Hal ini diterankan oleh Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih). Ini akibat yang menimpa hati. Musibah ini lebih bahaya dari akibat yang menimpa jasad atau kulit seseorang.

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah.” (QS. Al Jum’ah: 9). Sementara beberapa ahli pakar tafsir, yang dimaksud ‘dzikrullah’ atau mengingat Allah di sini adalah shalat Jum’at. Sa’id bin Al Musayyib mengatakan bahwa yang dimaksud adalah mendengar nasehat (khutbah) pada hari Jum’at. (Zaadul Masiir, Ibnul Jauzi, 8: 265)

Kalau kau katakan kepada teman di sebelahmu Ssttt (diamlah) saat salat jumat, kau sudah melakukan perbuatan sia-sai, siapa yang sia-sia, maka tiada jumat lah baginya.

Halaman
1234
Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved