Berita Palembang

Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Setgab LSM Sumsel Gelar Deklarasi Damai Tentang Berita Hoax Isu SARA & HS

"Langkah memenangkan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin sudah kita lakukan, kita berharap hasil usaha ini akan maksimal

Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Setgab LSM Sumsel Gelar Deklarasi Damai Tentang Berita Hoax Isu SARA & HS
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Sekretariat Gabungan (Setgab) LSM Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Deklarasi Damai di Bale Resto Jl Gub H Bastari, Jakabaring, Minggu (10/2/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Puluhan LSM yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) LSM Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Deklarasi Damai dalam rangka menentang berita boax, isu sara dan hate speech di Bale Resto Jl Gub H Bastari, Jakabaring, Minggu (10/2/2019).

Koordinator Setgab LSM Sumsel Hendri seusai acara digelar mengatakan sebenarnya acara ini adalah deklarasi damai untuk mendukung Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Yang hadir cukup banyak hingga mencapai 600 orang yang terdiri dari 40 hingga 48 LSM," ungkapnya.

Sedang Memuat Sawit Hasil Curian, Karyawan PT Lonsum Ditangkap

Palembang Triathlon 2019, Jauhari Johan Berhasil Kalahkan ratusan Atlet Dari 8 Negara

Angin Puting Beliung di Tanjung Beringin Empatlawang, Atap Rumah Melayang & Tenda Hajatan Roboh

Ia mengatakan bahwa diantara daftar LSM yang hadir salah satunya adalah LSM Obsesi, LSM Gerakan Pemuda Dan Mahasiswa Untuk Indonesia dan Front Pemuda Merah Putih Sumsel, dan lainnya.

Dalam acara ini Hendri membacakan dan menandanda tangani berkas Deklarasi Dukungan Jokowi- Ma'ruf Amin yang berbunyi:

1. Kami, gabungan LSM Provinsi Sumatera Selatan mendukung Pileg dan Pilpres Tahun 2019 tanpa adanya Hoax, Isu Sara, dan Hate Speech.

2. Kami, gabungan LSM Provinsi Sumatera Selatan Mendukung Presiden Jokowi bekerja membangun Sumatera Selatan dan sukses memajukan Indonesia.

3. Kami, gabungan LSM Provinsi Sumatera Selatan mendukung Pemilu Tahun 2019 diProvinsi Sumatera Selatan yang damai, demokratis dan bermartabat.

Penggerebekan Pengedar Narkoba di OI, Pelaku Simpan Sabu di Botol Plastik, Simpan 15 Paket Sabu

Penggerebekan Pengedar Narkoba di OI, Pelaku Simpan Sabu di Botol Plastik, Simpan 15 Paket Sabu

Pasangan Pengantin di Lubuklinggau Ini Terpaksa Melakukan Prosesi Akad Nikah di Ruang Tahanan

Menurut Hendri, pihaknya telah mengadakan konsolidasi demokrasi dengan memberikan penjelasan terhadap LSM yang tergabung di dalamnya untuk melakukan ulang pendataan pengurus dan juga alat peragaan kampanye.

"Langkah memenangkan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin sudah kita lakukan, kita berharap hasil usaha ini akan maksimal sehingga kita dapat menghantarkan pasangan ini unggul," Jelasnya.

Dia juga menjelaskan berbagai program unggulan yang telah diadakan oleh LSM yakni memberikan sosialisasi bedah figur Jokowi dan Ma'ruf Amin kepada masyarakat, atas dasar LSM mempunyai kepengurusan di tingkat kecamatan jadi diputuskan untuk mengundang mereka dan menjelaskan langsung.

278 Pebalap Adu Skill di Lintasan MRSF Polres Musirawas

Pencopet di Pasar Cinde Palembang Ini Tak Segan Lukai Korbannya, Hasil Copet Diakui Untuk Susu Anak

Pencopet di Pasar Cinde Palembang Ini Tak Segan Lukai Korbannya, Hasil Copet Diakui Untuk Susu Anak

Himbauan turut disampaikan oleh pihak Setgab LSM Sumsel ini kepada Kominfo, Dewan Pers Sumsel dan juga PWI agar dapat melakukan proses filterisasi kepada media di Sumsel baik cetak maupun online.

"Kita memberikan himbauan ini kepada Kominfo, Dewan Pers Sumsel dan juga PWI agar baik media cetak ataupun online bisa menertibkan diri sehingga masyarakat akan paham tentang apa saja berita hoax dan tidak hoax yang pengaruhnya begitu buruk serta berdampak bahaya bagi masyarakat yang tidak faham dan mengerti fungsi pers dengan kekhawatiran akan menjadikan berita hoax sebagai referensi oknum tak bertanggung jawab," ujarnya.

Himbauan ini dinilai perlu dilakukan secara continue agar pihak yang berwenang seperti Kominfo, Dewan Pers dan PWI dapat segera melakukan pendisiplinan media-media dan memberikan wawasan kepada masyarakat berkenaan dengan apa itu berita hoax, isu SARA dan hate speech. 

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved