Proyek Restorasi Sungai Sekanak Palembang Dimulai, Warga Bongkar Rumahnya Sendiri

Sebanyak 25 kepala Keluarga (KK) membongkar rumahnya sendiri usai dilakukan ganti rugi di sepanjang Sungai Sekanak Palembang.

Proyek Restorasi Sungai Sekanak Palembang Dimulai,  Warga Bongkar Rumahnya Sendiri
SRIPOKU.COM/Yandi Triansyah
BONGKAR- Sejumlah warga membongkar rumahnya sendiri di kawasan sepanjang Sungai Sekanak Palembang, Kamis (7/2). 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Sebanyak 25 kepala Keluarga (KK) membongkar rumahnya sendiri usai dilakukan ganti rugi di sepanjang Sungai Sekanak Palembang.

Dinas PUPR Kota Palembang bahkan kini sudah menempatkan alat berat untuk melakukan pendalaman Sungai Sekanak. Beberapa petugas lainnya membantu warga membersihkan puing dan bahan rumah yang sudah dibongkar. Setelah lahan sudah bersih, rencananya lahan akan ditimbun dan dipatok supaya lahan tersebut tak lagi dimanfaatkan oleh warga.

Berita Lainnya:
Restorasi Sungai Sekanak, Warga Keluhkan Dana Perbaikan Dari Pemerintah Terlalu Kecil
Restorasi Sungai Sekanak, Warga di Pinggiran Sungai Sekanak Mulai Bongkar Rumah

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Bastari mengatakan, setelah melakukan pembongkaran ini pihaknya sekarang sedang dilakukan Feasibility Studi (FS), Detail Enginneering Study (DED) dan AMDAL.

Setelah ketiga proses ini selesai dilakukan maka akan dilanjutkan pengerjaan konstruksi restorasi Sekanak. "Juli kami targetkan sudah mulai bangun," kata dia.

Lanjutan pengerjaan restorasi Sungai Sekanak ini meliputi pembangunan Ipal, pengerukan sungai, pembebasan lahan.

Nantinya pada pengerjaan restorasi Sungai Sekanak ini akan ada fasilitas tempat duduk, tanaman hias, guidance blind, lighting, area sidewalk sekanak.

Restorasi sungai sekanak ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai pengendali banjir, transportasi, pariwisata dan sumber air baku. "Restorasi ini akan selesai tahun 2022," kata dia.

Sebelumnya restorasi Sungai Sekanak baru selesai dilakukan sampai ke Jalan Merdeka dan menjadi wisata baru di Kota Palembang. Selanjutnya pada 2019 ini akan kembali dilanjutkan dari Mardeka hingga ke Sungai Lambidaro di Gandus sepanjang 10,9 kilometer.

Sungai sungai ini akan dikeruk untuk memperdalam anak sungai. Sehingga bisa dilintasi. Sedangkan diujung sungai Lambidaro akan dibuat pompanisasi pengendalian banjir. Sehingga restorasi sungai sekanak bukan hanya digunakan sebagai wisata tapi juga pengendalian banjir. (axl)

===

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV! Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved