Memilih Wakil Rakyat

Memilih Wakil Rakyat Atas Pertimbangkan Fungsinya

Tujuan penyelenggaraan pemilu untuk memungkinkan terjadinya pergantian pejabat yang akan mewakili kepentingan rakyat

Memilih Wakil Rakyat Atas Pertimbangkan Fungsinya
ist
Dr. Muhamad Erwin, SH., MHum. 

Memilih Wakil Rakyat Atas Pertimbangkan Fungsinya, Diperlukannya Sekolah Tinggi Ilmu Legislatif Negeri
Dr. Muhamad Erwin, SH., MHum.
Dosen Politeknik Negeri Sriwijaya, Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, dan STIHPADA

Salah satu tujuan dari penyelenggaraan pemilihan umum adalah untuk memungkinkan terjadinya pergantian pejabat yang akan mewakili kepentingan rakyat di lembaga perwakilan.

Cabang kekuasaan pada lembaga perwakilan (legislatif) adalah cabang kekuasaan yang pertama-tama mencerminkan sila keempat Pancasila.

Cerminannya yakni sebagai cabang kekuasaan yang berupaya untuk menempatkan pengutamaan kepentingan rakyat dengan dipimpin oleh kekuatan akal dan hati untuk mencapai kebenaran melalui wadah permusyawaratan dan perwakilan.

Dengan perintah (gebod) sila keempat, lembaga legislatif atau lembaga perwakilan rakyat tersebut memiliki fungsi, yaitu: (a) fungsi pengaturan (legislasi); (b) fungsi anggaran (budgeting); (c) fungsi pengawasan (control); (d) fungsi perwakilan (representasi); dan (e) fungsi deliberatif dan resolusi konflik.

Dalam menjalankannya, jelas harus disertai dengan kapasitas filsafat dan ilmu pada kelima fungsi tersebut.

Jika wakil rakyat yang terpilih itu tidak memiliki kompetensi tersebut, maka tidak perlu heran dengan adanya fenomena tunggakan legislasi yang jauh dari target (belum diterbitkannya UU atau Perda yang sudah diprogramkan), adanya korupsi politik birokrasi, atau dengan kenyataan lemahnya pengawasan terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan negara.

Berikut penjelasan mengenai masing-masing fungsi lembaga perwakilan rakyat yang secara otomatis juga menuntut kemampuan para anggota lembaga legislatif tersebut.

Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta
Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (KOMPAS.com/SABRINA ASRIL)

Fungsi Pengaturan (Legislasi)

Adanya penyelenggaraan negara yakni untuk mengatur kehidupan bersama. Oleh sebab itu, kewenangan untuk menetapkan peraturan hidup bersama itu, pertama-tama harus diberikan kepada lembaga yang mewakili rakyat atau lembaga legislatif.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved