Ketemu Sampah Bisa Dapat Uang, Dijemput Lalu Dibayar Petugas

Masyarakat yang menemukan sampah jangan langsung dihindari. Pungut sampah itu lalu hubungi petugas melalui aplikasi IGoGreen. Petugas akan menjemput

Ketemu Sampah Bisa Dapat Uang, Dijemput Lalu Dibayar Petugas
SRIPOKU.COM/Reigan Riangga
TANDATANGANI MOU - Camat Kalidoni Palembang, Arie Wijaya (dua dari kiri) saat penandatanganan MOU dengan pihak IGoGreen, Kamis (31/1). 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Masyarakat yang menemukan sampah jangan langsung dihindari. Pungut sampah itu lalu hubungi petugas melalui aplikasi IGoGreen. Petugas akan menjemput sampah itu dan warga sebagai penyetor akan diberikan uang. Besarannya sesuai volume sampah yang disetor.

Berita Lainnya:
Tingkatkan Penghasilan Warganya Hingga Jutaan Rupiah, Camat Kalidoni Palembang Lakukan Ini
Puskesmas 7 Ulu Bersama I Go Green Edukasi Masyarakat Mengolah Sampah Jadi Lebih Bermanfaat

Melalui Aplikasi IGoGreen yang bisa di download di Play Store smartphone, pemanfaatan sampah bisa secara online yang tersistem dalam pengumpulan sampah dari masyarakat di wilayah Kecamatan Kalidoni Palembang.

"Sampah ini sebenarnya bukan masalah kalau kita bisa mengolahnya. Untuk itu, kita sekarang menjadikan sampah agar bernilai komersil," ungkap Camat Kalidoni Palembang, Arie Wijaya usai penandatangan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan pihak IGoGreen, Kamis ( 31/1).

Arie mengatakan, melalui aplikasi ini sampah akan langsung dijemput kerumah oleh petugas dan dibayar secara tunai. Kemudian, pengolahan sampahnya dilakukan di TPS 3R Kecamatan Kalidoni Palembang. "Jadi tinggal download Aplikasinya di Playstore, bisa lihat disana jenis dan harga sampahnya, kalau sudah 10 kilogram, tinggal pencet, petugas akan datang dan langsung dibayar," jelasnya.

Kerjasama dengan pihak IGoGreen ini kedepannya juga akan terkoneksi dengan sistem pembayaran fintech dan BRI yang memungkinkan pembayaran sampah menjadi alat pembelanjaan di box belanja, baik tunai melalui Bank BRI. "Kalau bisa di lihat secara bisnis, ini merupakan peluang yang bagus, bagi masyarakat yang mau bekerjasama di lokasi masing-masing, mengumpulkan sampah dan dijual melalui aplikasi," katanya.

Sementara, Founder & CEO IGoGreen, Hendri Wahyu menjelaskan, Kecamatan Kalidoni merupakan kecamatan yang pertama bekerjasama dengan pihaknya, untuk penanganan pembelian sampah, bagi terciptanya lingkungan yang bersih melalui sebuah aplikasi.

"Kecamatan Kalidoni merupakan kecamatan percontohan untuk kami dan pihak lainnya, dimana sampah yang jadi problem di Indonesia, kini bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan," jelasnya.

Cara penggunaan Aplikasi, jelas Hendri sangat mudah. Dimana, warga tinggal memilah sampah di rumahnya, kemudian jual memalui aplikasi IGoGreen lewat wa, sms atau langsung telpon, kemudian mitra IGoGreen akan menjemput sampah tersebut ditimbang dan kemudian dibayar secara tunai. Selain itu, pihaknya juga akan membuka pola kemitraan Bank Sampah, sehingga bisa menyelesaikan masalah sampah dengan pendekatan kewirausahaan Bisnis.

"Nanti bisa kita sediakan sistemnya, kita training sehingga dia bisa menjalankan usaha Bank Sampah ini," jelasnya. (cr2)

===

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Reigan Riangga
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved