Dalam Kompetisi Robot, Siswa SMKN 2 Palembang Taklukan Asia Tenggara

Enam siswa kelas XI Jurusan Mekatronika SMK Negeri 2 Palembang berhasil menaklukan Asia Tenggara dalam kompetisi robot 2018 atau South East Asian

Dalam Kompetisi Robot, Siswa SMKN 2 Palembang Taklukan Asia Tenggara
SRIPOKU.COM/Yuliani
KEGIATAN - Tim Robotic SMK N 2 Palembang yang meraih Double Winner kembali melakukan kegiatan ekstrakurikuler robotic. 

PALEMBANG - Enam siswa kelas XI Jurusan Mekatronika SMK Negeri 2 Palembang berhasil menaklukan Asia Tenggara dalam kompetisi robot 2018 atau South East Asian Creative Camp 2018.

Siswa terbaik ini, berhasil menyabet dua gelar juara sekaligus (double winner), yakni Juara I dan Juara II.

Lomba ini diikuti juwara robotic di Asia Tenggara yang dihelar Agustus-Desember 2018, dan hasil penilaian juri baru diumumkan secara online melalui website di Januari 2019.

Kepala Sekolah SMKN 2 Palembang Drs H Zulkarnain MT, Kamis (31/1) mengatakan, lomba Applied Robotics secara khusus diikuti negara-negara yang berada di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia. Filipina, Singapura dan lain-lain. SMK sebagai lembaga pendirikan kejuruan, ditunjuk mewakili Indonesia dan Sumsel.

Tidak ada firasat akan menjadi juara, terlebih pesaing berasal dari negara-negara yang memiliki penerapan teknologi jauh lebih dahulu dibandingkan Indonesia. Namun berbekal mental dan kemampuan siswa serta metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Palembang, raihan hasil yang didapat diluar eskpekstasi dan SMKN 2 Palembang menjadi juara.

"SMK memang dituntut merevitalisasi berbagai aktivitas kesiswaan, oleh karena itu kita benar-benar mendorong siswa untuk menyalurkan kreatifitasnya. Dan Alhamdulillah bersyukur, tim robotik SMKN 2 Palembang bisa menorehkan hasil juara," katanya.

Kemenangan double winner ini diraih dengan hasil Jauara I dan Juara II, menambah semangat managemen SMKN 2 Palembang untuk terus mensupport kegiatan kreatif apapun bagi siswa untuk mengangkat nama baik sekolah. Terlebih Dinas Pendidikan Sumsel terus mendukung.

Dijelaskan, keenam membanggakan itu masing-masing bernama Ahmad Azis, Ari Hartawan dan Raihan Taufiqurrahman dengan raihan Juara I dan Juara II diraih M Akbar Faturrahman, M Iqbal Ramadhan dan M Iqbal Hakim.

Kemampuan Terbaik
Sementara guru pembimbing, Kemas Atin SPd mengatakan, "kita mendapatkan hasil ini pasti bersyukur, karena diberikan nikmat kemenangan. Kedepannya selalu berusaha dan terus berdoa untuk menggapai prestasi lebih lagi. Pencapaian double winner ini sebenarnya tidak menyangka dan melampaui target."

Dikayakan, sebelumnya hanya menargetkan masuk dalam jajaran top five. "Kami sempat tidak percaya bisa menang dengan raihan dua juara. Kita malah sebelum berangkat hanya memiliki target masuk top five," katanya.

Sementara salah satu pemenang, Ari Hartawan mengatakan, hasil kerja keras ini juga diraih karena tim mereka ikut tergabung dalam ekstrakulikuler robotik di sekolah. "Kita di sekolah ada ekstrakulikuler dan sering sharing bersama. Bersyukur sekali bisa menang.

Juara South East Asian Creative Camp 2018 menjadi kemenangan yang kesekian kalinya, sebelumnya juga pernah menang di lomba robot line folower (robot mengikuti garis) di Institut Teknologi Sumatera meraih juara dua dan di Event Universitas Sriwijaya juara tiga," terangnya. (cr9)

===

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Yuliani
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved