News Video Sripo

Video Rumah Potong Hewan Modern di Gandus Palembang Bisa Potong 210 Ekor Sapi Perhari

Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Walikota Palembang Harnojo meresmikan Rumah Potong Hewan

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Walikota Palembang Harnojo meresmikan Rumah Potong Hewan (RPH) yang berlokasi di Jalan TP H. Sofyan Kenawas Komplek RPH Gandus Palembang, Kamis (24/1/2019).

Sayuti, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang dalam sambutannya mengatakan, komplek RPH yang diresmikan tersebut berada di atas lahan seluas 10 hektar dan baru melayani pemotongan sapi dan kerbau sedangkan untuk pemotongan hewan jenis kambing dan domba belum bisa dilakukan.

RPH Gandus sendiri memiliki kapasitas pemotongan 210 ekor per hari, namun Sayuti menyebut saat ini hewan yang masuk ke RPH hanya sekitar 18 sampai 20 ekor sapi saja per harinya.

"Pada hari biasa kebutuhan sapi di Kota Palembang capai 40-60 ekor per harinya namun di RPH Gandus ini baru jalan hanya sekitar 18-20 ekor sapi per harinya dan setelah diresmikan nanti bisa terpenuhi setiap harinya," ungkap Sayuti.

= = =

Peresmian RPH Kota Palembang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan dilanjutkan dengan Pemotongan pita bersam Walikota Palembang H. Harnojo didampingi istri.

Herman Deru dalam sambutannya pun menyampaikan rasa terimakasih dan bangga kepada semua pihak sehingga Kota Palembang telah memiliki RPH Ruminansia Modern berstandar nasional.

"Saya ucapkan selamat dan acung jempol untuk kita semua, sekarang Kota Palembang sudah memilik RPH yang modern dan berstandar nasional," ungkap Herman Deru.

Sebagai pengonsumsi daging sapi, Herman Deru juga mengingatkan warga tidak hanya melihat daging hanya dari sisi hiegenis namun harus tahu asal mula daging berasal yakni terkait kehalalan daging tersebut.

Menanggapi rencana Walikota Palembang Harnojoyo kedepan akan diadakan juga rumah potong khusus untuk hewan unggas, Herman Deru pun menyambut baik rencana tersebut dan akan segera disinergikan bersama dengan komplek RPH Ruminansia Modern Kota Palembang.

===

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved