Produsen Pempek Palembang Menjerit.

Seiring perkembangan zaman, kuliner khas Sumsel Palembang) yang terbuat dari bahan baku ikan pempek semakin terkenal

Produsen Pempek Palembang Menjerit.
SRIPOKU.COM/YULIANI
pempek2 

Produsen Pempek Palembang Menjerit
OLEH : Elsandra Azzahra Alqautshar
Pencinta Kuliner dan Pengamat Wisata Kuliner di Palembang

elsa
elsa (ist)

"..BULET BESAK...PANJANG MAK LENGEN......
...KEJEL-KEJEL.... RASONYO MAREM.............
...MASUK KE MULUT MATONYO MEJEM..........
...MERTUO LEWAT MASIH DI TELEN................

REFF : ...PEMPEK...LENJER....OH..PEMPEK LENJER....
...SAPO NYINGOK PASTILAH NGILER...............
...PEMPEK...LENJER....OH..PEMPEK LENJER....
...MAKAN SIKOK.. PACAK KELENGER.............."

Cuplikan bait-bait lagu di atas adalah sebuah gambaran betapa nikmatnya apabila kita menyantap makanan khas Sumatera Selatan yang dominannya banyak di jual di Kota Palembang.

Sehingga apabila seseorang menyebut kata "PALEMBANG" maka mereka langsung mengidentikan "kota Palembang" dengan sebutan "Kota Pempek".

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kuliner khas Sumatera Selatan (Palembang) yang terbuat dari bahan baku ikan ini semakin terkenal dan digemari oleh banyak orang.

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Dan tidak hanya oleh kalangan masyarakat di seantero Nusantara ini saja bahkan bagi masyarakat Mancanegarapun sudah mulai menggandrungi panganan "PEMPEK" ini.

Hal ini terbukti pada saat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengingikuti acara exhibition "Pasar Malam Indonesia" di Kota Den Haag - Belanda beberapa tahun yang lalu, dimana pada stand pameran Sumatera Selatan.

Dengan piawainya chef dari Hotel berbintang yang ada di Kota Palembang yang sengaja dibawa langsung untuk mendemonstrasikan bagaimana cara membuat "PEMPEK" yang kemudian setelah masak disajikan secara gratis kepada para pengunjung pameran Pasar Malam Indonesia tsb.

Ternyata tanpa diduga, hidangan pempek telah menjadikan magnet yang sangat kuat mengundang para pengunjung untuk mengetahui lebih jauh dan menikmati hidangan khas Sumatera Selatan ini.

Tidak bisa dipungkiri lagi "PEMPEK" adalah makanan khas Sumsel (Palembang) yang harus selalu dikembangkan dan dilestarikan. Merek Dagang boleh berbeda, ada Pempek Candy, Pak Raden, Dora Emon, Selamat, NONY, Pikko atau Pempek Dempo dan sebagainya, namun Keunikan dan kekhasan Kuliner Sumatera Selatan ini harus dijaga keabsahannya.

Karena kepopuleran "PEMPEK" ini secara tidak langsung telah membuat Sumatera Selatan semakin terkenal. Setiap wisatawan yang habis melancong ke Palembang pastilah membawa oleh-oleh "PEMPEK"
sebagai buah tangan.

Halaman
123
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved