Mahasiswa "Zaman Now" Ingin Berinvestasi di Pasar Modal, Pahami 4 Hal Dasar Ini

Meski dimudahkan dengan akses informasi berbasis digital, mahasiswa "zaman now" yang ingin berinvestasi, khususnya di pasar modal, harus memahami 4

Mahasiswa
www.tribunnews.com
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Meski dimudahkan dengan akses informasi berbasis digital, mahasiswa "zaman now" yang ingin berinvestasi, khususnya di pasar modal, harus memahami 4 hal dasar ini.

Berita Lainnya:
Risiko Masih Tinggi, Ini Portofolio di 2019 yang Bisa Menjadi Pilihan Investasi
Setali Tiga Uang, Peluang Investasi Instrumen Saham di Tahun 2019

Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Stephanus Paulus Lumintang dan Chief Business PT Rifan Financindo Berjangka (CFB) Teddy Prasetya mengatakan hal itu dalam diskusi dengan media terkait literasi keuangan untuk generasi masa kini, pada Kamis (17/1/2019).

1. Amankah saya berinvestasi?
Menurut Paulus, pertanyaan amankah saya berinvestasi adalah hal pertama yang harus dipahami.

"Kan kalau berinvestasi, harus berhitung dan menganalisa dari awal. Ini berlaku untuk semua kalangan yang ingin berinvestasi ya," kata Paulus.

2. Seberapa besar pengembalian investasi?
Paulus menerangkan, investasi itu mengejar return atau pengembalian investasi. "Berapa persen pengembaliannya. Itu harus diketahui dari awal," ujarnya.

3. Bagaimana cara bertransaksi dalam investasi?
Hal berikut yang juga mesti dipahami adalah cara bertransaksi dalam berinvestasi. Menurut hemat Paulus, bahkan mahasiswa masa kini, juga harus paham betul cara tersebut di atas.

Berkenaan dengan hal tersebut, dari sisi perusahaan investasi, imbuh, Teddy Prasetya, harus tetap diutamakan transparansi pengelolaan investasi dan pelayanan.

"Perusahaan investasi juga harus mengutamakan good corporate governance," kata Teddy menegaskan.

4, Dengan siapa akan bertransaksi dalam investasi?
Paulus menjelaskan, pertanyaan mengenai hal tersebut juga patut menjadi pegangan. "Supaya calon investor tidak terjebak pada perusahaan investasi nakal," tutur Paulus.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved