Sumsel Maju

Mantan Pejabat Pemkot Ramai-Ramai Panen Sayur di Kebun Bu Feby Gandus Palembang

Deru sengaja mengundang sejumlah mantan pejabat Pemkot Palembang yang menjabat era 1993-2003 untuk reuni dan memanen bersama di Kebun Bu Feby.

Mantan Pejabat Pemkot Ramai-Ramai Panen Sayur di Kebun Bu Feby Gandus Palembang
SRIPOKU.COM/HUMAS PEMPROV SUMSEL
Gubernur Sumsel Herman Deru menunggang kuda kesayangannya di kawasan Gandus Palembang. 

PALEMBANG - Ada-ada saja ide sederhana namun brilian yang dilakukan Gubernur Sumsel Herman Deru untuk menyenangkan mertua yang juga mantan Walikota Palembang H Husni, Minggu (20/1).

Misalnya, ia sengaja mengundang sejumlah mantan pejabat Pemkot Palembang yang menjabat era 1993-2003 untuk reuni dan memanen bersama di Kebun Bu Feby di Kediamannya di kawasan Gandus.

" Saya ajak sahabat-sahabat mertua saya pak Husni yang masih sehat, mereka umurnya rata-rata sudah 80-an. Saya ajak mereka memanen sayur. Jangan dilihat nilainya tapi kebersamaannya itu. Alhamdulillah saya lihat mereka senang sekali. Kegiatan ini tidak seberapa tapi bisa membuat mereka bahagia itu yang penting" ujarnya dibincangi di sela acara Kick Off Sumsel Super League (SSL) di Stadion Bumi Sriwijaya.

Diceritakan mantan Bupati OKU Timur dua periode itu, kebun seluas 18 hektare tersebut sebenarnya sudah digagas pembangunannya untuk bisnis sejak tahun 2012 silam. Namun sempat tak terurus lantaran ia sibuk Pilkada. 

Herman Deru dan keluarga besar serta warga yang diundang ikut mencoba memanah bersama di kebun HD kawasan Gandus Palembang.
Herman Deru dan keluarga besar serta warga yang diundang ikut mencoba memanah bersama di kebun HD kawasan Gandus Palembang. (SRIPOKU.COM/HUMAS PEMPROV SUMSEL)

Tadinya kata pria yang akrab disapa Deru tersebut, kebun itu akan dinamai Gandus Botanical Garden, karena memang banyak ditanami berbagai jenis sayuran dengan cara biasa dan hidroponik.

Setiap beberapa pekan sekali sayuran seperti terong, tomat, mentimun, cabai dan lainnya dipanen dikebun ini baik oleh istrinya Feby Deru bersama anak-anaknya maupun pengurus kebun.

Tak tanggung-tanggung, sayur yang dipanen jumlahnya mencapai lebih dari 1 ton. Hasil panen itu kemudian dijual ke sejumlah pasar tradisional dalam Kota Palembang.

Tak hanya ditanami sayuran tapi kebun itu juga digunakan untuk memelihara berbagai jenis hewan peliharaan rumah seperti, kucing, reptil hingga domba dan kuda.

Di kebun ini bahkan bisa juga digunakan untuk olahraga memanah, berkuda dan voley pantai serta olahraga tradisional lainnya.

"Mudah-mudahan sebelum Lebaran sudah bisa dibuka untuk umum. Sekarang masih dilengkapi dulu, namanya belum ada tapi itu kebunnya ibu Feby," jelasnya.

Ny Feby dan para tamu yang berkunjung memanen sayur di kebun Herman Deru di kawasan GAndus Palembang.
Ny Feby dan para tamu yang berkunjung memanen sayur di kebun Herman Deru di kawasan Gandus Palembang. (SRIPOKU.COM/HUMAS PEMPROV SUMSEL)
Halaman
12
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved