Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) 2019 Alami Perubahan, Berikut Prosedur dan Jadwalnya

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) untuk tahun 2019 yang mengalami perubahan resmi diumumkan Universitas Sriwijaya

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) 2019 Alami Perubahan, Berikut Prosedur dan Jadwalnya
SRIPOKU.COM/YULIANI
Rektor Unsri, Prof Dr Ir Anis Saggaf, MSCE (tengah) saat memberikan keterangan pers terkait perubahan regulasi SNMPTN/SBMPTN tahun ini di KPA Unsri, Rabu (16/1/2018) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) untuk tahun 2019 yang mengalami perubahan resmi diumumkan Universitas Sriwijaya (Unsri) di Gedung KPA Unsri Bukit Besar Palembang, Rabu (16/1/2018).

Rektor Unsri, Prof Dr Ir Anis Saggaf, MSCE mengatakan memang terdapat beberapa perubahan sistem dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun salah satu perubahan tersebut yakni jika koordinisasi yang dulu berada du tabgan panitia lokal, kali ini dipegang langsung oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yang telah bersifat permanen, dan memiliki manajemen database terintegrasi.

Lembaga ini langsung mengurusi tiga tahapan seleksi masuk meliputi, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) dan Ujian Seleksi Mandiri (USM).

Pemkab Banyuasin Tidak Anti Kritik Dalam pemberitaan, Namun Diminta Berimbang dan Harus Konfirmasi

Tangkap Burung Liar Siap-siap Kena Sanksi, Pemkot Palembang Rencanakan Buat Perwali

Perjalanan Karir Aris Indonesian Idol yang Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba, Jadi Sopir Taksol

"Perubahan daya tampung SNMPTN mengalami penurunan menjadi 20 persen, dengan angka minimun sesuai potensi untuk SNMPTN. Sedangkan penerimaan peningkatan ada pada jalur SBMPTN sejumlah 40 persen dari sebelumnya hanya 30 persen dan USM maksimum 30 persen.

Dalam tahapan SBMPTN ujian menggunakan hasil UTBK (ujian tulis berbasis komputer) terbagi dari Tes Potensi Skolatik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA)," ujarnya.

Untuk sistem UTBK ini lebih cepat prosesnya dan lebih transparansi. Jadi mekanismenya calon mahasiswa tes UTBK.

"Sebenernya ujian UTBK ini tidak usah gugup, sama seperti dulu, dulu menggunakan base on paper, dan harus ngumpul rame-rame ada yang macet jalan, dan bangun kesiangan di waktu sama.

Nah sekarang jaman now ini sudah menggunakan IT, agar berjalan lebih cepat dan transparan, walalu pelaksanaan sudah transparan sebelumnya tapi masih perlu waktu. Sekarang kita menggunakan screening," ungkapnya.

Pengakuan Mengejutkan Hotman Paris Kencani Chef Seksi Farah Quinn, Pacaran Lagi Nih!

BREAKING NEWS : Ketahuan Gunakan Narkoba, Aris Indonesian Idol Ditangkap Polisi

Kapolres Empatlawang Dicopot Mendadak, Terkait Hasil Tes Urine Kandung Amphetamin

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved