Nonton Video di YouTube Bakal Seperti Instagram Stories

YouTube akan merombak cara navigasi video untuk versi mobile. Platform berbagi video itu akan mengubah cara menonton video rekomendasi, dari semula

Nonton Video di YouTube Bakal Seperti Instagram Stories
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , YouTube akan merombak cara navigasi video untuk versi mobile. Platform berbagi video itu akan mengubah cara menonton video rekomendasi, dari semula menggulir ke bawah (vertikal) menjadi geser (swipe) ke samping (horisontal).

Berita Lainnya:
Chatting WhatsApp dan Nonton Video Youtube Kini Bisa Dilakukan Bersamaan, Cara Aktifkan Mode PIP
WhatsApp Rilis Fitur Baru, Bisa Nonton Video Youtube Tanpa Tutup Aplikasi

Gestur ini mirip dengan cara melihat Instgaram Story. Pembaruan ini rencanaya akan bergulir mulai minggu ini di perangkat iOS. YouTube masih belum memberikan keterangan kapan fitur yang sama akan datang di perangkat Android.

Jika sudah tiba, pengguna bisa menggeser ke kiri untuk menemukan rekomendasi video lain. Sementara menggesernya ke kanan, akan mengembalikan pengguna ke video terakhir yang ditonton.

Menurut YouTube, perombakan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan penggunanya dalam menonton video atau memutar kembali video yang terakhir diputar melalui perangkat mobile.

Penonton YouTube mobile saat ini disebut mencapai 70 persen. Sebab itulah, beberapa waktu terakhir YouTube memperkaya fitur untuk platform mobile.

Beberapa di antaranya sebagaimana dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (16/1/2019), adalah fitur "Stories" yang ditujukan bagi para kreator. Ada pula fitur screen-time control untuk membantu pengguna mengatur jam menonton YouTube.

YouTube juga menambahkan mode gelap di versi mobile dan video autoplay di beranda saat tersambung dengan WiFi. Tahun 2017 lalu, YouTube juga memperkenalkan fitur pesan untuk memudahkan para penggunaya mengobrol di dalam aplikasi.

Tak hanya itu, YouTube juga memperkenalkan fitur "double tap" (ketuk dua kali) untuk melompat ke 10 detik berikutnya.

Fitur navigasi horisontal kemungkinan akan membuat pengguna lebih lama membuka aplikasi YouTube. Alhasil, engagement konten video akan meningkat yang ujung-ujungnya akan berpengaruh pada monetisasi.

Penulis: Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Sumber: Tech Crunch

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://tekno.kompas.com/ dengan Judul:
Nonton Video YouTube Bakal Seperti Instagram Stories

===

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved