Mulai Bulan Depan, Tarif Jaringan Gas Naik Berlipat

Mulai bulan depan, sebanyak 6.500 pelanggan jaringan gas (Jargas) milik PT SP2J, akan mengalami kenaikan tarif. Hal ini dipicu harga gas yang terus me

Mulai Bulan Depan, Tarif Jaringan Gas Naik Berlipat
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Rumah Rosida warga RT 58 lorong Mufakat Kelurahan 5 Ulu Kecamatan SU I Palembang yang menerima bantuan jargas alam, Jumat (22/2/2019). 

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Mulai bulan depan, sebanyak 6.500 pelanggan jaringan gas (Jargas) milik PT SP2J, akan mengalami kenaikan tarif. Hal ini dipicu harga gas yang terus mengalami kenaikan, sehingga membuat BUMD itu melakukan kenaikan pula.

Berita Lainnya:
Pembangunan Pemasangan Jaringan Gas Kota Palembang Molor Ini Salah Satu Penyebabnya
Kapan Macan Lindungan Menikmati Jaringan Gas?

Bahkan kenaikan ini mencapai dua kali lipat dari sebelumnya. Direktur Operasional SP2J, Antoni Rais membenarkan adanya kenaikan tarif gas baru. "Ya benar ada kenaikan yang akan kita berlakukan pada bulan depan," ujarnya, Selasa (15/1).

Kenaikan ini terpaksa dilakukan karena harga gas juga naik, sehingga pihak SP2J sebagai pengelola jaringan gas kota melakukan kenaikan tarif gas. "Kalau gak naik bisa-bisa kita tutup," ujarnya.

Surat edaran dan sosialisasi juga telah dilakukan kepada pengguna jargas sejak akhir tahun lalu. "Surat edaran sudah kita berikan. Jadi bulan depan pelanggan sudah membayar dengan tarif baru dengan pemakaian bulan ini (Januari-red)," ungkap dia.

Kata Antoni, terhitung per 1 Januari 2019 sebenarnya tarif jargas ini sudah naik, namun pembayaran dilakukan pada bulan Febuari. Ia mengatakan untuk pelanggan baru juga telah dikenakan tarif baru tersebut.

Surat pemberitahuan no.064/sp2j/xii/2018 tentang kenaikan tarif harga gas baru, yang semula biaya per meter kubik Rp 2.710, sekarang menjadi per satu meter kubik (R1) sebesar Rp 4.750 dan RT 2/pk sebesar Rp 7.125/isp. "Untuk rumah tangga satu atau RT 1 yakni menengah ke bawah dan rumah tangga dua atau RT2 menengah atas," ujarnya.

Antoni mengatakan ditahun ini ada beberapa titik rencana pengembangan jargas, yakni di Kelurahan Kemang manis, Bukit lama, Bukit baru, Karang jaya, Talang Aman, Suka Jaya dan kelurahan Sukabangun. Dengan panjang jaringan lebih kurang 91.000 meter. "Target kita tahun ini sebanyak 2.500 pelanggan. Insyaallah semua akan tercapai ditahun ini dan masyarakat bisa merasakan jargas ini," bebernya.

Antoni menjelaskan untuk pemasangan baru tarif yang dikenakan yakni Rp 3.524.000 yang bisa dicicil sebanyak tiga kali. "Bisa diangsur tiga bulan dan enam bulan untuk biaya admnya Rp 50.000 per bulan. Untuk syarat dan informasi bisa mendatangi alamat kantor di jalan demang lebar daun no 6 f unit usaha migas," ungkap dia. (ts/rie)

Tarif gas SP2J
- Kelompok R1 menjadi Rp 4.740 per M3
- Kelompok R2 menjadi Rp 7.125 per M3
- Biaya pasang jaringan Rp 3.524.00
- Bisa dicicil tida dan enam bulan

===

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved