Berita Muaraenim

Kota Kecil Terbersih, Muaraenim Raih Piala Adipura ke-13

Kabupaten Muaraenim kembali meraih penghargaan Adipura ke-13 kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kota Kecil Terbersih, Muaraenim Raih Piala Adipura ke-13
SRIPOKU.COM/HUMAS Pemkab Muaraenim
Bupati Muaraenim Ahmad Yani menerima piala Adipura dari Wapres RI Jusuf Kalla yang ke-13 kalinya. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Kabupaten Muaraenim kembali meraih penghargaan Adipura ke-13 kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta
Jakarta, Senin (14/1).

Jumlah penghargaan tersebut sebanyak 146 buah yang terbagi menjadi lima kategori yakni satu penghargaan Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, 5 Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota.

Sedangkan Kabupaten Muaraenim termasuk dalam kategori pemenang adipura sebagai kota kecil terbersih. Piala adipura tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) dan diterima oleh Bupati Kabupaten Muaraenim H Ahmad Yani.

Hj Febrita HD Panen Perdana Jagung. TP PKK Sumsel Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kosong

Kawasan Jalan Beringin Janggut Bakal Disulap Seperti Pasar China Town Kuala Lumpur Malaysia

WNA Asal China Edarkan Obat-Obatan Ilegal di Sumsel dan Tertangkap di Lubuklinggau

Menurut Kepala BLH Muaraenim Kurmin, bahwa penghargaan ini merupakan program nasional yang dilaksanakan setiap tahun, bertujuan untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun pasrtisipasi aktfi masyarakat dan dunia usaha dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan.

Dikatakan Kurmin, salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, dengan persentase pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Selain itu adanya upaya-upaya untuk mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten/kota.(ari)

===

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved