Berita Palembang

Kukuhkan Komwil Forsesdasi, HD Ajak Sekda se-Sumsel Tekan Angka Kemiskinan

"Biasanya sebelum kebijakan itu diketok tetap kepala daerah itu akan diskusi dengan Sekda, dan kontribusi pemikiran itu diatas 60 % itu

Kukuhkan Komwil Forsesdasi, HD Ajak Sekda se-Sumsel Tekan Angka Kemiskinan
Dok. Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru resmi mengukuhkan pengurus Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Periode 2018- 2021, Jumat (3/1) sore di Hotel Aryaduta. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru resmi mengukuhkan pengurus Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Periode 2018- 2021, Jumat (3/1) sore di Hotel Aryaduta.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Keputusan Komisariat wilayah forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia Sumsel Nomor : 01/ Komwil Forsesdasi / 2019 tentang susunan pengurus Komisariat Wilayah Forsesdasi Sumsel Periode 2018- 2021.

Dalam susunan tersebut Gubernur Sumsel Herman Deru didaulat sebagai pengawas Komwil Forsesdasi Wilayah Sumsel bersama Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar dan Bupati/Walikota se- Sumsel, sementara Ketua Komwil Forsesdasi Wilayah Sumsel adalah Sekda Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Pada kesempatan itu, Herman Deru mengaku bangga dapat hadir si tengah-tengah pertemuan para Sekda Kabupaten/ Kota se-Provinsi Sumsel.

Menurutny peran Sekda sangat besar dalam membantu kepala daerah mengambil kebijakan.

"Biasanya sebelum kebijakan itu diketok tetap kepala daerah itu akan diskusi dengan Sekda, dan kontribusi pemikiran itu diatas 60 % itu akan diikuti oleh kepala daerah. Maka saya sarankan kepada para Sekda Kabupaten/ Kota untuk mengajak Bupati/ Walikotanya mengatur anggaran focus menekan angka kemiskinan untuk menggapai kesejahteraan," ungkapnya

Kedepan, HD menargetkan kemiskinan Provinsi Sumsel harus sama dengan nasional yakni 9%. Ia menuturkan, target ini apakah bisa tercapai di 2019 ini atau belum harus dilihat progresnya setelah infrastruktur selesai.

"Karena 2019 ini targetnya infrastruktur selesai, mudah-mudahan dampaknya infrastruktur selesai ini berdampak pada percepatan penurunan angka kemiskinan.
Jadi apapun pernak-pernik yang mau dibangun, pernak-pernik kebijakan tetap arahnya satu yakni kesejahteraan rakyat," katanya

" Kalau nanti di akhir 2019 ini nanti kita survei ternyata kemiskinan tidak turun di salah satu kabupaten/kota, maka kedepan akan saya koreksi arah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) nya. 2019 ini targetnya infrastruktur selesai, mudah-mudahan dampaknya infrastruktur selesai ini berdampak pada percepatan penurunan angka kemiskinan," jelasnyan.

Sebelumnya di tempat yang sama, Sekda Sumsel Nasrun Umar mengajak semua yang hadir mereformasi Birokrasi di Pemerintahan. Hal itu disampaikannya rapat Pemilihan Pengurus Komisariat Wilayah (Komwil) Forsesdasi Sumsel periode 2018-2021 di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (3/1).

Halaman
12
Editor: Siti Olisa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved