Berita Muba

Berita Muba - Mulai Tahun Depan, Setiap Kelurahan di Muba Dapat Dana Segar Rp 300 Juta

Setiap kelurahan di Kabupaten Muba bakal mendapatkan dana sebesar Rp 300 juta, untuk program percepatan pembangunan

Berita Muba - Mulai Tahun Depan, Setiap Kelurahan di Muba Dapat Dana Segar Rp 300 Juta
Dok.Humas Pemkab Muba
Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Kabar gembira bagi warga Kabupaten Musi Banyuasin, Pemerintah Pusat tahun depan rencananya pemerintah akan menggelontorkan dana melalui Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Pemerintah Kabupaten Muba yang diperuntukkan untuk Pemerintah Kelurahan (Desa)

Setiap kelurahan di Kabupaten Muba bakal mendapatkan dana sebesar Rp 300 juta, untuk program percepatan pembangunan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muba, Richard Cahyadi AP MSi, mengatakan, bantuan dana Kelurahan tersebut nantinya diperuntukkan bagi 13 Kelurahan yang berada di Kabupaten Muba.

"Setiap kelurahan yang ada besaranya Rp 300 juta dan akan mulai direalisasikan pada awal Tahun 2019 mendatang," ungkap Richard, Rabu (26/12/18).

Adanya dana kelurahan ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat yg belum bisa tercover oleh Pemerintah Kabupaten sesuai dengan kemampuan dana Kelurahan  yang teralokasi.

Mengenai tahap selanjutnya pihaknya masih menunggu juklak dan juknis pengunaan dana tersebut, tapi kemungkinan besar untuk teknis pencairan mengadopsi sistem pencairan dana desa yang akan dilakukan pencairan sebanyak tiga triwulan.

"Mengenai penggunaan dana Kelurahan nantinya masih menunggu regulasi dari Pemerintah Pusat. Saat ini kita masih menunggu juknis dari Pemerintah pusat, jika dana Kelurahan sudah keluar tentunya akan segera kita distribusikan ke Kelurahan masing -masing sesuai regulasi yang berlaku," jelasnya.

Sementara, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menuturkan dana kelurahan yang ada diharapkan dapat menunjang percepatan pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten Muba. Karena kelurajan mempunyai peran sebagai ujung tombak pemerintahan.

"Adanya dana kelurahan ini dapat mengcover setiap kebutuhan di setiap kelurahan. Oleh karena itu, adanya dana ini setiap pihak khususnya masyarakat dapat bersama-sama mengawal pengelolaan dana kelurahan sehingga pengelolaanya transparan,"harapnya. (cr13)

Ket foto : Bupati Muba Dodi Reza Alex pada saat mengecek pelayanan di kantor Camat Sekayu beberapa waktu lalu

===

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved