Lapor Mang Sripo

Tertipu Aplikasi Investasi Online

Untuk OJK Sumsel, jika ada masyarakat yang mengalami penipuan investasi melalui aplikasi dana pinjaman online, apakah OJK bisa membantu menyelesaikan

Untuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumsel, jika ada masyarakat yang mengalami penipuan investasi melalui aplikasi dana pinjaman online, apakah OJK bisa membantu menyelesaikannya? Terus, apakah selama ini OJK sudah melakukan pendataan atau pengawasan mana-mana aplikasi serupa yang memang benar-benar melayani masyarakat, alias tidak abal-abal dan nantinya menipu masyarakat?

Soalnya, belum lama ini, sudah ada keluarga kami yang mengalami nasib demikian dan bingung mau kemana untuk mencari solusinya. Mohon informasinya supaya persoalan kami ini bisa selesai, terima kasih.
0896448845xx

Jawaban
Masyarakat kita imbau tidak melakukan transaksi pada entitas yang tidak jelas legalitas dan pengawasannya. Saat ini hanya ada 78 Peer to Peer (P2P) legal yang terdaftar dan dalam pengawasan OJK. Apabila nantinya ada pengaduan masyarakat terkait dengan P2P ilegal, kita tidak bisa menangani karena hal tersebut bukan lagi tugas utama OJK. Kalau ada pengaduan nantinya akan langsung kami serahkan penangannya ke Satgas Waspada Investasi.

Untuk lebih memahami mengenai informasi terkait fintech, masyarakat dapat mengakses situs sikapiuangmu.ojk.go.id atau kontak OJK 157 untuk konsultasi entitas fintech atau entitas investasi yang tidak jelas. Kasus yang paling banyak terjadi yakni pengaduan karena diteror saat penagihan, tidak hanya yang pinjam, tapi juga orang-orang terdekat yang pinjam.

Untuk diketahui, OJK sendiri telah melarang penyelenggara P2P legal mengakses daftar kontak, berkas gambar, dan informasi pribadi dari ponsel pintar milik pengguna P2P. Serta wajib memenuhi seluruh ketentuan POJK 77/2016 dan POJK 18/2018 mengenai Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Meski demikian, kita akan terus melakukan upaya preventif dan represif untuk melindungi konsumen melalui beragam kegiatan literasi dan inklusi keuangan serta menyiagakan layanan konsumen. Kami juga selalu berkoordinasi dengan tim kerja Satgas Waspada Investasi agar kasus serupa tidak banyak terjadi kembali. (mg3)

Panca Hadi Suryatno
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR) 7 Sumbagsel

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved