Selama 2 Malam, Langit Sumsel Berdentum

Masyarakat di Kota Palembang dan Sumsel dihebohkan dengan adanya suara dentuman diatas langit pada, Senin (24/12) malam. Mendengar suara yang cukup

Selama 2 Malam, Langit Sumsel Berdentum
ISTIMEWA
Gunung Anak Krakatau

SRIPOKU.COM , PALEMBANG - Masyarakat di Kota Palembang dan Sumsel dihebohkan dengan adanya suara dentuman diatas langit pada, Senin (24/12) malam. Mendengar suara yang cukup keras tersebut membuat warga penasaran hingga keluar rumah untuk mencari tahu apa penyebabnya. Namun, setelah dicek warga keluar rumah ternyata tak terjadi apa-apa dan kondisi alam pun tetap normal.

Tak hanya di Palembang, suara aneh tersebut juga diaku warga terjadi hampir di sebagian wilayah Sumsel khususnya yang bermukim di wilayah OKU (Baturaja, OKU Timur dan OKU Selatan).

Berita Lainnya:
Awas! Gunung Anak Krakatau Terus Keluarkan Letusan, Warga Pulau Sebesi Dievakuasi
BNPB Menegaskan Gunung Anak Krakatau Tetap Berstatus Waspada

Suara dentuman itu pun diklaim tak hanya satu kali terdengar, suara aneh itu juga menggelegar pada malam sebelumnya alias dua malam berturut-turut.

"Kalau di Palembang sudah dua malam kedengaran suara itu, sekitar jam 12 malam suara itu selalu terdengar. Seperti geledek suaranya, tapi tidak ada petirnya," ujar Adi Purna warga Palembang, Selasa (25/12).

Senada, Anugrah Ramadan warga Sukarami lainnya mengaku suara dentuman jelas sekali terdengar. Ia mengibaratkan, kerasnya suara itu layaknya seperti bom yang dilemparkan dalam peperangan. "Di Sukarami Minggu malam juga ada suara seperti itu, bunyinya kaya suara bom saking besarnya," ujarnya.

Sementara Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Kenten (BMKG) Palembang mengaku belum mendapatkan informasi geofisika terkait fenomena dentuman yang dikabarkan didengar oleh masyarakat terjadi di langit Sumsel.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kenten Palembang, Nandang mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi tersebut. BMKG Stageof Bengkulu sebagai Stasiun Pengamat Seismik atau kegempaan terdekat juga belum mengabarkan info lebih lanjut prihal dentuman yang didengar warga pada dini hari.

"Kami dari BMKG Stalking Palembang belum mendapatkan informasi terkait itu (dentuman), BMKG Bengkulu juga belum memberikan penjelasan," ujar Nandang.

Ia menjelaskan, terkait suara yang terdengar di langit sebagian wilayah Sumsel, analisis sementara tercatat dari pantauan citra Radar dan Satelit Cuaca di Stasiun Meteorologi SMB II Palembang tidak ada indikasi parameter cuaca yang menyebabkan suara tersebut.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved