Lapor Mang Sripo

Jangan Hanya Fokus Menindak Koruptor

Kepada aparat hukum di Sumsel, seperti yagn sudah kita ketahui, korupsi sudah sangat mewabah. Tampaknya, hukuman demi hukuman yang dijatuhkan kepada

Jangan Hanya Fokus Menindak Koruptor
sripoku.com/anton
Ilustrasi koruptor 

SRIPOKU.COM - Kepada aparat hukum di Sumsel, seperti yagn sudah kita ketahui, korupsi sudah sangat mewabah. Tampaknya, hukuman demi hukuman yang  dijatuhkan kepada para pelakunya tidak membuat kejahatan yang merugikan negara ini berhenti. Malah, makin beragam saja modus yang dilakukan. Bahkan, para pelaku notabene adalah orang-orang berpendidikan yang pastinya sudah tahu akan aturan mengenai korupsi.

Berita Lainnya:
Jadi Saksi Kasus Dugaan Korupsi Lift BPKAD, ZulFan Lebih Banyak Lupa
Bupati Muaraenim Ajak Pejabat Berikrar Anti Korupsi

Mungkin, dari aparat penegak hukum, sudah ada kebijakan atau program untuk pencegahan korupsi. Dengan demikian, negara belum merasakan kerugian dan calon pelaku pun sadar bahwa aksi yang akan dilakukan itu salah. Mungkin saja, cara ini ampuh, setidaknya untuk mengurangi angka koruptor di Sumsel.
0812781845xx

Jawaban
Kita selain melakukan penindakan korupsi juga melakukan pencegahan. Dalam hal pencegahan kita sudah ada Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang mengawasi proyek pembangunan pemerintahan. Salah satu contohnya di Sumsel ini yakni pada pembangunan venue Asian Games beberapa lalu.

Namun dalam TP4D tidak semuanya bisa dilakukan, jika dari awal sudah ada masalahnya maka ditolak. Jika ada pembangunan minta dikawal karena adanya persoalan, maka kita tolak dan kita tidak mau. Kita TP4D atau kejaksaan tidak mau jadi bemper atau tameng. Strategi pemberantasan korupsi bukan hanya TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang). Tapi juga harus ada efek jera, terutama untuk korporasi. Tapi tidak semua korupsi itu ada TPPU nya, intinya jangan ada yang ikut-ikutan. (mg4)

Ali Mukantoro
Kepala Kejati Sumsel

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved