Berita Muba

Pemkab Muba Dapat Bantuan 6 Ekor Rusa Totol Dari Istana Kepresidenan Bogor

Warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak perli jauh-jauh untuk menikmati rusa totol di Istana Kepresidenan Bogor.

Pemkab Muba Dapat Bantuan 6 Ekor Rusa Totol Dari Istana Kepresidenan Bogor
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Rusa totol pada saat berada dalam kandang di Rumah Dinas Bupati Muba. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati rusa totol di Istana Kepresidenan Bogor.

Pasalnya di Rumah Dinas Bupati Muba telah ada 6 ekor rusa totol yang diberikan oleh Sekretariat Istana Kepresidenan Bogor untuk di pelihara di Rumah Dinas Bupati Muba.

"Ya, Pemkab Muba telah menerima bantuan rusa totol dari Istana Kepresidenan Bogor. Pemberian rusa totol tersebut tertuang dalam Surat BAST- 233/Setpres/l-Bgr/PB.06.OO/12/ 2018 yang ditandatangani Kepala Istana Kepresidenan Bogor Erwin Wicaksono," kata Kabag Humas Pemkab Muba, Heryadi Sinulingga AP.

Hadiri Reuni Akbar SMP Negeri 2 OKU, HD Serahkan Bantuan Komputer

Ratusan Pendekar Buru Trofi Himssi GP di Kejuaraan Pengcab Lahat

Gubernur Sumsel Bagikan 800 Sertifikat Tanah di OKU Timur

Dijelaskanya, Rusa totol disebut juga sebagai “cheetal” atau rusa chital. Dalam bahasa Inggris fauna identitas kota Bogor ini disebut sebagai Chital, Axis Deer, Indian Spotted Deer. Dalam bahasa ilmiah (latin) rusa yang satu jenis dengan rusa bawean.

"Ciri rusa totol yang membedakan dengan jenis rusa lainnya adalah terdapatnya totol-totol putih pada rambut tubuh (bulu) yang berwarna coklat. Jadi rusa ini memiliki ciri unik tersendiri,"ujarnya.

Oleh karena itu adanya rusa totol ini warga Kabupaten Muba saat ini tak perlu jauh jauh ke Bogor atau pergi ke Istana Bogor untuk melihat Rusa Totol. "Rusa Totol Ini sekarang bisa jadi tontonan masyarakat Musi Banyuasin, warga yang penasaran dapat langsung melihat jenis rusa ini di halaman Rumah Dinas Bupati Muba,"jelasnya.

Rini Idol Semarakan Malam Anugerah Wanita Inspiratif 2018  

Manajemen Sriwijaya FC Kirim Sinyal, Panggil Putera Daerah di Klub Rantauan

Daftar Rombongan PLN yang Jadi Korban Tsunami Banten dan Lampung. Baru Ditemukan 47 Dari 260 Orang

Sementara, Kabag Umum Pemkab Muba, Deny, menambahkan bahwa ada enam ekor Rusa Totol bantuan milik Negara yang diserahkan pihak Sekretariat Istana Presiden Bogor.

"Penyerahan tersebut dilakukan pada Minggu (23/12/18) yakni dua ekor Rusa Totol jantan dan empat ekor Rusa Totol betina,"jelasnya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved