Buka Rekening Pasal Modal Sekarang Lebih Cepat

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kembali memperpanjang kerja sama untuk pemanfaatan

Buka Rekening Pasal Modal Sekarang Lebih Cepat
www.teropongbisnis.com
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) kembali memperpanjang kerja sama untuk pemanfaatan data kependudukan.

Kesepahaman ini berdampak pada proses pembuatan rekening pasar modal menjadi lebih cepat. Kini bisa dilakukan kurang dari satu jam dengan KTP elektronik.

Berita Lainnya:
Penyelesaian Transaksi Bursa, Bursa Efek Indonesia Terapkan Transaksi T+2
Kenalkan Program Yuk Nabung Saham, Ini yang Dilakukan Bursa Efek Indonesia Palembang

"Yang sebelumnya bisa mencapai seminggu, namun sekarang bisa sangat cepat, bahkan kurang dari satu jam," kata Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi di Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Friderica menuturkan, penyederhanaan pembukaan rekening efek ini bisa mengatasi kendala yang selama ini dihadapi. Khususnya mereka yang berada di luar Jawa.

"Berharap simplifikasi pembukaan rekening investasi dapat memacu penyebaran investor agar semakin merata hingga ke seluruh Indonesia," ujarnya.

Selama ini, lanjut Friderica, pengiriman formulir dan dokumen dari daerah ke kantor pusat menjadi kendala. Sehingga membutuhkan proses serta waktu lama.

"Kesalahan dalam pengisian formulir dan tidak lengkapnya akan menyulitkan perusahaan sekuritas untuk kembali menghubungi calon nasabah," sebut dia.

Di samping penyederhanaan pembukaan rekening efek, pemanfaatan data KTP elektronik ini juga dapat meningkatkan kualitas data calon nasabah untuk proses Know Your Client (KYC) yang akurat. Pemeriksaan identitas nasabah langsung diakses dalam database KTP elektronik yang disediakan Ditjen Dukcapil.

"Bisa divalidasi kebenaran identitasnya," kata dia..

Saat ini, jumlah investor yang tercatat di industri pasar modal per 17 Desember 2018 sekitar 1.606.481 atau meningkat 43 persen sejak 2017 lalu. Secara umum asal investor masih dari Pulau Jawa sekitar 73,57 persen dan total nilai aset mencapai 96 persen.

"Dengan perpanjangan kerja sama ini, pelaku industri di pasar modal Indonesia dapat memanfaatkan data kependudukan untuk mempercepat pembukaan rekening investasi dan peningkatan kualitas data investor. Sehingga peran pasar modal terhadap perekonomian Indonesia menjadi lebih besar," ucapnya.

Penulis: Murti Ali Lingga

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://ekonomi.kompas.com/ dengan Judul:
Buka Rekening Pasal Modal Kini Lebih Cepat

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved