Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumsel Pastikan Pasokan Bahan Pangan Akhir Tahun

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumsel bersama dengan Satgas Pangan Sumsel memastikan harga dan ketersediaan pasokan komoditas pangan jelang Nata

Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumsel Pastikan Pasokan Bahan Pangan Akhir Tahun
SRIPOKU.COM/mg3
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumsel bersama dengan Satgas Pangan Sumsel berfoto bersama usai konferensi pers dengan pihak media di Kantor BI Perwakilan Sumsel, Kamis (20/12). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumsel bersama dengan Satgas Pangan Sumsel memastikan harga dan ketersediaan pasokan komoditas pangan jelang Natal dan akhir tahun 2018 aman dan mencukupi kebutuhan.

Pjs Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Hari Widodo mengatakan bank sentral pun secara aktif terus berkoordinasi dengan dinas terkait seperti dinas perdagangan, dinas pertanian, dinas pertanian serta Perumahan Bulog.

"Jelang hari besar keagamaan atau akhir tahun disebabkan oleh efek seasonal (musiman) memang biasanya akan ada peningkatan permintaan dari masyarakat. Untuk itulah kami berkoordinasi dengan pihak TPID agar pasokan tetap mencukupi," ujarnya pada Konferensi Pers dengan pihak media di Kantor BI Perwakilan Sumsel, Kamis (20/12).

Merujuk pada kondisi terakhir pada November lalu, inflasi Sumsel tercatat relatif terkendali yaitu sebesar 1,83 persen secara year to date (ytd) atau 2,47 persen secara year on year (yoy). Angka tersebut pun lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi nasional sebesar 2,50 persen year to date (ytd) atau 3,23 persen secara year on year (yoy).

Capaian inflasi tersebut juga mencatatkan sebagai angka inflasi terendah selama tahun 2018 dan berada di bawah rentang target inflasi nasional 3,5 ± 1 persen (yoy).

"Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, TPID Sumsel optimistis bahwa inflasi selama tahun 2018 akan tetap terjaga dalam rentang target pencapaian inflasi yang ditetapkan pemerintah," jelas Hari.

Berdasarkan pantauan BI di Lima pasar tradisional di Kota Palembang seperti Pasar Km 5, Pasar Cinde, Pasar 26 Ilir, Pasar Sekanak serta Pasar Lemabang hingga pekan ketiga pada Desember ini pun tidak ada kenaikan secara signifikan.

"Kalau ada kenaikan masih di bawah perkiraan dan tidak terjadi di semua komoditas. Kami imbau pada masyarakat agar tidak mudah termakan isu kenaikan harga dari pihak yang tidak bertanggungjawab," tambah Hari.

Perum Bulog Divre Sumsel dan Babel juga siap menjaga ketersediaan komoditas pangan di Sumsel dengan menyediakan stok beras yang dapat memenuhi pasokan hingga 7,2 bulan ke depan.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved