Selain Sejuk, AC Mobil Juga Harus Sehat

Dari beragam fitur yang ada di kabin mobil, pendingin udara atau air conditioner (AC) selalu menjadi utama dalam menunjang kenyamanan berkendara.

Selain Sejuk, AC Mobil Juga Harus Sehat
www.hariandepok.com
AC Mobil. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA – Dari beragam fitur yang ada di kabin mobil, pendingin udara atau air conditioner (AC) selalu menjadi utama dalam menunjang kenyamanan berkendara. Fungsinya sebagai penyejuk kabin seakan sudah menjadi kebutuhan dasar saat berkendara.

Berita Lainnya:
5 Jurus Pamungkas supaya AC Mobil Tetap Berumur Panjang
Perlunya Menjaga AC Mobil Tetap Dingin

Meski demikian, sayang sampai saat ini sebagai besar pemilik mobil hanya berkonsentrasi seputar tingkat kesejukan dari AC, bukan pada kualitas udara yang dihasilkan. Padahal menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, dengan AC yang sehat sudah tentu udara yang dihasilkan akan sejuk, namun tidak sebaliknya.

“AC yang sekadar dingin saja belum tentu bersih karena kualitas udara yang dihembuskan sangat berpengaruh pada komponen-komponen lainnya. Contoh seperti filter AC atau biasa disebut juga filter kabin,” kata Suparna beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Suparna menjelaskan bila filter AC menjadi salah satu faktor penentu dari kualitas udara pada kabin mobil. Fungsinya sudah tentu menyaring debu atau pun kotoran lain.

Ilustrasi filter kabin. (www.youtube.com)

Bila kondisinya terawat atau bersih, maka kualitas udara yang dihasilkan pun juga sehat untuk dihirup. Sebaliknya, bila kondisi filter kotor, otomatis begitu pula kualitas udara pada kabin.

Karena itu diharapakan pemilik mobil juga berperan aktif melihat kondisi filter kabin atau AC pada mobil yang digunakannya. Tidak perlu harus menunggu saat momen servis berkala, pengecekan dan pembersihannya pun bisa dilakukan sendiri.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved