Berita Palembang

Bangun Ekonomi Kerakyatan di Sumsel, Bank Sumsel Babel Dukung Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

Bank Sumsel Babel (BSB) mewujudkan keseriusannya dalam membangun ekonomi berbasis kerakyatan di Sumatera Selatan

Bangun Ekonomi Kerakyatan di Sumsel, Bank Sumsel Babel Dukung Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Perjanjian Kerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan kelapa sawit (BPDPKS) di Kantor Pusat Bank Sumsel Babel Jakabaring, Senin (17/12). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Bank Sumsel Babel (BSB) mewujudkan keseriusannya dalam membangun ekonomi berbasis kerakyatan di Sumatera Selatan dengan keterlibatannya di dalam program peremajaan kelapa sawit.

Bank Pembangunan Daerah milik Pemprov Sumsel dan Babel yang tergabung dalam Bank mitra Badan Pengelola Dana Perkebunan kelapa sawit (BPDPKS), pada Senin (17/12) lalu pun resmi melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan kelapa sawit (BPDPKS) di Kantor Pusat Bank Sumsel Babel Jakabaring.

Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel, Antonius Argo Prabowo, mengatakan kerjasama tersebut bertujuan untuk menfasilitasi pembangunan peremajaan kelapa sawit untuk anggota koperasi KPKS Suka Makmur serta KPKS Tri Bakti Sentosa

"Kedua koperasi tersebut merupakan koperasi kelapa sawit di bawah binaan Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya melalui rilis resmi, Kamis (20/12).

Sebagaimana diketahui, program peremajaan kelapa sawit khususnya di daerah Kabupaten Musi Banyuasin merupakan “pilot Project Replanting Sawit Nasional”.

Pencanangan peremajaan kelapa sawit tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2017.

Antonius menjelaskan, pada tahun 2018 ini pengucuran dana dari BPDPKS kepada KPKS Suka Makmur serta KPKS Tri Bakti Sentosa merupakan pengucuran dana untuk kali ketiga dimana sebelumnya BPDPKS telah menyalurkan dana kepada 324 KK anggota KPKS Suka Makmur dan 235 KK anggota KPKS Tri Bakti Sentosa.

BSB menfasilitasi program peremajaaan tersebut dengan porsi dana bantuan BPDPKS ditambah fasilitas kredit Investasi pembangunan kebun dari Bank Sumsel Babel plus tambahan dana Replanting koperasi.

"Fasilitas ini merupakan bukti kontribusi bank Sumsel Babel terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya kesejahteraan perkebun kelapa sawit dan keluarganya di wilayah Kecamatan Keluang dan Sungai Lilin Kab. Musi Banyuasin," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved