Berita Muaraenim

Peringati Hari Bela Negara, Pemkab Muaraenim Lakukan Sinergi Sipil - Militer Jaga NKRI

Hal tersebut diungkapkan Bupati Muaraenim Ahmad Yani yang membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik

Peringati Hari Bela Negara, Pemkab Muaraenim Lakukan Sinergi Sipil - Militer Jaga NKRI
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Bupati Muaraenim Ahmad Yani menjadi inspektur upacara memperingati Hari Bela Negara ke-70 di halaman Kantor Pemkab Muaraenim, Rabu (19/12). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Dengan adanya sinergisitas antar segenap elemen Bangsa Indonesia, baik sipil dan millter akan mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandirl, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Muaraenim Ahmad Yani yang membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan pada saat menjadi inspektur upacara Bela Negara yang digelar dihalaman Kantor Pemkab Muaraenim, Rabu (19/12/2018).

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari TNI, Polri, Satpo PP, Dishub, Hansip, PNS dan Pelajar di Muaraenim.

Satukan Suporter, Klub Sriwijaya FC Luncurkan Aplikasi Kito Sriwijaya

Targetkan Zero Insiden Saat Perayaan Natal & Tahun Baru, Polres Musirawas Siapkan 2 Pos Pengamanan

Jadwal Perempat Final Piala Liga Inggris 2018 (Carabao Cup), Ini Lawan Chelsea dan Arsenal

Menurut Ahmad Yani, setiap tanggal 19 Desember akan diperingati sebagai Hari Bela Negara. 70 tahun yang lalu, MR Syafrudin Prawiranegara sebagai Menteri Kemakmuran RI mendeklaraslkan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) atas inisiatifnya melampaui panggilan tugas yang menjadi tanggungjawab beliau.

Upaya politik dan diplomasi MR Syafrudin Prawiranegara terbukti berhasil mengatasi kekuatan militer penjajah dan menunjukkan kepada dunia bahwa Republik Indonesia masih tetap berdiri tegak.

Penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki konteks yang sangat luas.

DPR RI Ingatkan Penyedia Jasa Umroh Harus Menyiapkan Petugas Kesehatan di Setiap Rombongan

Jadwal Pertandingan Supercoppa Italia 2018, Juventus vs AC Milan

Perbaikan Jalan di Sumsel Telan Dana Rp 3 Triliun Lebih, HD: Lah Terlaluan Nian Kalu Idak Bagus

Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan flsik dan senjata semata namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi.

Segenap aparatur negara, baik sipil maupun militer yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok Tanah Air sesungguhnya sedang melakukan Bela Negara. Merekalah yang telah membuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya.

"Bela Negara adalah kerjasama segenap elemen Bangsa dan Negara, bukan hanya pemerintah apalagi sekedar nomenklatur program instansl atau satuan kerja tertentu saja. Bela Negara terutama adalah wadah peran dan kontribusl segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media, tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing," ujar Yani,

Halaman
123
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved