Agar Perusahaan Rintisan Mendapatkan Dana Segar Penuhi 3 Syarat Ini

Perusahaan rintisan atau startup dengan beragam produknya terus berkembang di Indonesia. Namun, banyak pula yang tidak bisa bertahan, salah satunya

Agar Perusahaan Rintisan Mendapatkan Dana Segar Penuhi 3 Syarat Ini
KreasiTekno.com
Ilustrasi - Startup. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup dengan beragam produknya terus berkembang di Indonesia.

Namun, banyak pula yang tidak bisa bertahan, salah satunya karena kekurangan pendanaan dari investor. Setidaknya ada tiga aspek yang harus dimiliki agar pelaku usaha mendapatkan dana segar.

Berita Lainnya:
Inilah 10 Universitas yang Menghasilkan Pendiri Perusahaan Rintisan Terbanyak
Ingin Investasi di Perusahaan Rintisan? Kenali Kerugian dan Keuntungannya

President Director Plug and Play Indonesia Wesley Harjono mengatakan, selama ini pihaknya memiliki kriteria tersendiri dalam berinvestasi atau mengucurkan dana kepada startup.

"Kriterianya tiga. Pendiri startup, brand, dan sisi riset (peluang)," kata Wesley dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Wesley mengatakan, hal yang pertama kali dilihat adalah pendiri atau pemilik startup yang dimaksud. Ini menjadi faktor utama yang akan dicermati sebelum memutuskan berinvestasi.

"Kerena mereka adalah jiwa brand itu sendiri. Komitmen, karakter pendiri apakah sesuai passion, dan cerita di balik mereka mendirikan brand itu," ungkapnya.

Menurutnya, karakter pendiri startup akan sangat menentukan seperti apa perkembangan usaha. Sebesar apa pun masalah yang dihadapi usahannya akan tetap berjalan bila memiliki komitmen.

"Kalau pendirinya kuat, berkomitmen dan mempunyai passion itu, (bisnis) tetap akan jalan," imbuhnya.

Kriteria kedua adalah terkait brand atau produk yang ditawarkan. Wesley menuturkan, pihaknya akan memperhatikan seberapa menarik produk sebuah startup, apakah memiliki daya tarik dan layak dipasarkan kepada masyarakat.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved