Berita Palembang

Herman Deru Dorong Percepatan Hilirisasi Batubara di KEK PTBA

Menurut HD ide besar hilirisasi tersebut patut didukung semua pihak termasuk Pemprov Sumsel karena sangat dinantikan pusat maupun daerah.

Herman Deru Dorong Percepatan Hilirisasi Batubara di KEK PTBA
Dok. Pemprov Sumsel
Rencana PT Bukit Asam (PTBA) mengembangkan hilirisasi batubara di kawasan ekonomi khusus (KEK) Bukit Asam dan Pengembangan Angkutan Tanjung Enim-Perajen langsung mendapat respon positif dari Gubernur Sumsel Herman Deru 

PALEMBANG -- Rencana PT Bukit Asam (PTBA) mengembangkan hilirisasi batubara di kawasan ekonomi khusus (KEK) Bukit Asam dan Pengembangan Angkutan Tanjung Enim-Perajen langsung mendapat respon positif dari Gubernur Sumsel Herman Deru saat paparan di Ruang Rapat Gubernur, Selasa (17/12/2018) pagi.

Menurut HD ide besar hilirisasi tersebut patut didukung semua pihak termasuk Pemprov Sumsel karena sangat dinantikan pusat maupun daerah.

Hilirisasi ini juga harus dipercepat karena dapat menghemat impor LPG yang mencapai 73% dari total konsumsi LPG di Indonesia yang mencapai 11 Juta KL (2017).

"Tidak ada alasan saya tidak mendukung ini. Karena kalau ini berhasil bisa jadi langkah penghematan oleh negara."

"Cuma itu saya ingin sebelum ini diteken, selesaikan dulu semua hal pendukung, semisal Amdal, perizinan dan lain-lain. Termasuk juga dengan masyarakat setempat. Jangan sampai nanti bermasalah," tegas HD.

Bukan hanya PTBA, pada dasarnya Pemprov Sumsel akan mengakomodir dan mendorong segala bentuk investasi yang masuk sesuai kewenangannya sebagai pemimpin daerah.

Dalam pelaksanaan pengembangan itu HD berharap PTBA akan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal.

"Pergubnya segera keluar. Mudah-mudahan mulai 1 Januari kita akan maksimalkan rekrutmen tenaga kerja lokal."

"Bukan apa-apa ini penting agar masyarakat setempat punya rasa memiliki," jelasnya.

HD juga mengatakan, hilirisasi itu hendaknya tidak terbatas pada batubara saja tapi komoditi lainnya juga perlu didorong seperti karet dan sawit.

Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved