Inilah 10 Olahan Sayur Kubis Jadi Makanan Lezat

Sayur kol selain nikmat disantap sebagai pendamping makanan juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Bahkan sampai bagian bonggol kol sendiri

Inilah 10 Olahan Sayur Kubis Jadi Makanan Lezat
www.es-teh.com
Kubis atau kol. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Sayur kol selain nikmat disantap sebagai pendamping makanan juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Bahkan sampai bagian bonggol kol sendiri dapat diolah menjadi makanan nikmat dan bergizi.

Berita Lainnya:
Sayur Lodeh Terong Hijau Plus Tempe

Berikut adalah 10 olahan saran sayur kol dari Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto yang dihubungi KompasTravel, Jumat (14/12/2018).

1. Sauerkraut
Olahan kol yang terkenal dari Jerman. Merupakan kol fermentasi dengan lactic acid bacteria. Makanan ini disebutkan bermula sebelum zaman lemari pendingin ditemukan. Cocok dimakan sebagai salad, ditumis, dicampur kentang tumbuk, sampai jadi pendamping makan daging.

2. Cabbage Roux
Gatot menyarankan untuk mengolah bonggol kol, dihancurkan sampai halus kemudian dicampur di roux yang terbuat dari mentega, tepung, dan susu. Cara pembuatannya persis seperti kentang tumbuk.

3. Kol Cake
Kalau ada fishcake alias otak-otak ikan halus, bisa juga membuat kol cake. Caranya dengan mencapur kol dengan margarin dan tepung, kemudian bakar atau bakar diteflon. Untuk versi non vegetarian bisa tambahkan daging ayam atau daging ikan cincang.

4. Sate Kol
Alternatif sate untuk vegetarian. Caranya blender kol, tiriskan airnya sampai benar-benar kering, campur dengan tepung, bentuk layaknya sate dan gunakan tusuk sate. Bakar kemudian santap dengan sambal segar.

5. Lumpia
Mengisi lumpia dengan kol tumis juga bisa dilakukan, jika ingin rasa yang lebih mantap tambahkan sayuran lain dan daging tumis.

6. Rempeyek
Buat rempeyek kol juga nikmat. Buat adonan peyek, campurkan kol. Semakin garing dan manis.

7. Opor
Opor kol, menurut Gatot, dapat menjadi campuran gudeg. Hanya tinggal tambahkan krecek dan areh. Ini juga daapat menjadi alternatif gudeg vegetarian.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved