Berita Palembang

Dikunjungi Komisi X DPR RI, HD Curhat Soal Harga Karet hingga Jakabaring

Rendahnya harga karet dan tingginya angka kemiskinan di Sumsel menjadi dua masalah yang spontan dikeluhkan Gubernur Sumsel Herman Deru

Dikunjungi Komisi X DPR RI, HD Curhat Soal Harga Karet hingga Jakabaring
Dok. Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima Anggota Tim Kunker Reses Komisi X DPR RI Masa Reses Persidangan II Tahun Sidang 2018-2019 di Griya Agung, Selasa (14/12). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Rendahnya harga karet dan tingginya angka kemiskinan di Sumsel menjadi dua masalah yang spontan dikeluhkan Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima Anggota Tim Kunker Reses Komisi X DPR RI Masa Reses Persidangan II Tahun Sidang 2018-2019 di Griya Agung, Selasa (14/12).

Menurut HD, dua hal itu sangat berkaitan erat dengan kualitas dan kelangsungan pendidikan bagi anak-anak di Sumsel, karena sebagian besar mata pencahariaan orang tua mereka adalah petani karet dan sawit.

"Sebagian besar karet di Indonesia ini ada di Sumsel. Saya minta ada terobosan untuk memperbaiki harga jual karet dan sawit ini supaya spirit anak-anak petani karet ini bersekolah tetap terjaga," jelasnya.

Sriwijaya FC Singkirkan Persimura Dari Piala Indonesia

Dilanda Angin Kencang, APK Caleg di Indralaya Ogan Ilir Berserakan

Tergiur Lihat Kunci Motor Masih Tergantung, Dua Sekawan Ini Harus Menginap di Polsek IB I Palembang

Sementara ini lanjut HD guna mendongkrak harga komoditi andalan Sumsel tersebut, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya salah satunya segera mendirikan pabrik ban. Pabrik ini diharapkan dapat menyerap karet di tingkat petani.

Sedangkan untuk komoditi sawit, HD berencana kembali mengadopsi programnya saat menjadi Bupati OKUT mengubah sawit dan turunannya CPO menjadi tenaga biodesel dan keluar sebagai produk-produk seperti B100 atau B20.

"OKUT pernah melakukannya dan ini bisa jadi jalan keluar. Saat ini produk CPO kita sulit keluar karena terhalang di Eropa. Saya pikir ini strategi marketing mereka juga karena mereka menjual minyak bunga matahari," jelas HD.

Sedang Berlangsung Perayaan Sweet 17 Transmedia. Ada Penampilan Artis 3 Dekade

Sedang Berlangsung Perayaan Sweet 17 Transmedia. Ada Penampilan Artis 3 Dekade

Penguatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Kesbangpol OKU Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Masyarakat

Bukan hanya mendongkrak harga komoditi, kenaikan harga karet ini diharapkannya juga dapat menjadi cara ampuh menekan angka kemiskinan. Sebab dengan meningkatkan harga jual karet dan sawit, daya beli petani akan ikut terangkat.

"Saya malu angka kemiskinan nasional sudah 1 digit dan Sumsel masih 12,80 persen. Saya ingin angka kemiskinan itu diturunkan sesegera mungkin. Salah satunya dengan peningkatan IPM," jelas HD.

Terkait kedatangan tim Kunjungan Komisi X DPR RI meliputi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ekonomi Kreatif, menurut HD menjadi angin segar bagi Sumsel.

Penguatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Kesbangpol OKU Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Masyarakat

Enam Bulan Rutin Berobat, Penyakit TB Paru Sembuh. Puskesmas Sugih Waras Terakreditasi Madya

Penguatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Kesbangpol OKU Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Masyarakat

"Kunjungan Komisi X ini memberi angin segar bagi kita. Terimakasih sekali mereka sudah datang. Atas dukungan yang selama ini diberikan, bantuan infrastruktur saat Asian Games sehingga Sumsel sukses menjadi tuan rumah," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Siti Olisa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved