Kebakaran Hubungi Nomor Ini, Berikut Daftar Pos PBK di Palembang

Kalau ada kejadian kebakaran atau bencana lainnya kita menyediakan hot line di nomor telepon 113 dan langsung tersambung di pos PBK ada juga nomor 112

Kebakaran Hubungi Nomor Ini, Berikut Daftar Pos PBK di Palembang
SRIPOKU.COM/dokumen
Mobil pemadam kemabaran yamg sering mendapatkan hambatan ketika sedang berdinas 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kota Palembang saat ini tengah memasuki musim penghujan. Tak ayal, apabila hujan turun dengan insitas tinggi beberapa ruas jalan di kota pempek ini digenangi air, bahkan setinggi lutut orang dewasa.

Namun demikian, mengatasi hal tersebut Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (DPB PK) Kota Palembang menyiapkan mobil khusus guna mengurangi genangan air.

"Bulan-bulan ini kebakaran jarang terjadi, namun sering banjir. Jadi, kita juga menyiapkan armada mobil jenis fire tanker dengan di bantu pompa untuk menyedot genangan air guna mengurangi banjir di jalanan," ungkap Kepala DPB PK Palembang, Dicky Lenggardi Tatung dikonfirmasi Sripoku.com, Kamis (13/12/2018).

Dicky mengatakan, saat ini posko pemadam kebakaran sudah tersebar di berbagai wilayah Palembang, seperti Pos Merdeka yang merupakan Pos Pusat,  Pos Gandus, Pos Alang-Alang Lebar, Pos Sako, Pos SU I dan Pos SU II kemudian ada satu Posko Fire Boat yang berada di pinggiran Ampera.

"Kalau ada kejadian kebakaran atau bencana lainnya kita menyediakan hot line di nomor telepon 113 dan langsung tersambung di pos PBK ada juga nomor 112 namun dipusatkan di Dinas Kominfo Kota Palembang," ujarnya.

Ia menambahkan, Dinas Pemadam Kebakaran Palembang memiliki beberapa armada unit mobil PBK, seperti Fire Truck, Fire Tanker, Smok Removel (penyedot asap), Quil Respon (penyuplai air) dan Mobil Pull serta 2 unit fire boat untuk mengatasi bencana di perairan.

"Total seluruhnya ada 35 mobil PBK yang beroperasi dan tiap Pos ada 2-3 mobil yang kita operasionalkan," jelasnya.

Selama Bulan November PBK mencatata hanya ada 2 kejadian kebakaran dan saat ini pihaknya belum ada kendala berarti, mengingat wilayah Palembang masih bisa dijangkau dengan mobil PBK.

"Untuk kendala dilapangan Alhamdulillah kita belum ada kendala yang berarti, hanya saja yang kita takutkan kalau terjadi kebakaran gedung tinggi, karena kita belum ada mobil tangga yang sampai setinggi 50 Meter. Tapi kita sudah memiliki mobil tangga setinggi 33 meter batas 6 lantai," ujarnya.

Dari itu, ia mengimbau kepada masyarakat tetap waspada bencana kebarana meski sekarang memsuki musim hujan.

"Musibah atau bencana kita tidak ada yang tau kami harapkan masyarakat tetap waspada," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved