Perumahan Masyarakat

Potret Perumahan Masyarakat Sumsel

Rumah menjadi salah satu kebutuhan dasar (basic needs) manusia sekaligus sebagai salah faktor penentu indikator kesejahteraan rakyat.

Potret Perumahan Masyarakat Sumsel
ist
Desi Eryani, SST, MSi

Potret Perumahan Masyarakat Sumsel
OLEH: Desi Eryani, SST, MSi
Statistisi Muda Seksi Analisis Statistik Lintas Sektor BPS Sumsel

Rumah menjadi salah satu kebutuhan dasar (basic needs) manusia sekaligus sebagai salah faktor penentu indikator kesejahteraan rakyat.

Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga dapat menunjukkan status sosial seseorang.

Status sosial seseorang berhubungan positif dengan kualitas atau kondisi rumah.

Semakin tinggi status sosial seseorang maka semakin besar peluang untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal dengan kualitas yang lebih baik.

Melalui catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui hasil Susenas Maret 2018, rumah tangga di wilayah Sumsel yang menempati rumah milik sendiri sudah sebanyak sekitar 80,65 persen, sisanya 18,97 persen adalah kontrak atau sewa dan 0,38 persen berstatus kepemilikan lainnya.

Kepemilikan rumah tinggal milik sendiri di perkotaan lebih rendah bila dibandingkan dengan perdesaan.

Kita akan menemukan enam hingga tujuh dari sepuluh rumah tangga di daerah perkotaan yang telah memiliki rumah dengan status milik sendiri sedangkan di daerah perdesaan dapat kita jumpai delapan hingga sembilan rumah tangga dari sepuluh rumah tangga dengan status kepemilikan rumah sendiri.

Hal tersebut disebabkan karena harga jual rumah di daerah perkotaan jauh lebih tinggi daripada di perdesaan sehingga banyak penduduk di perkotaan yang mengontrak, sewa, atau menenempati rumah dinas atau milik orangtua atau saudara.

Jika dilihat berdasarkan kabupaten atau kota, Kota Palembang merupakan daerah yang memiliki persentase terkecil untuk rumah tangga yang memiliki status kepemilikan rumah milik sendiri, yaitu hanya sebesar 61,02 persen.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved