Makan Bersama Lansia di Panti Jompo Myria

Guru SMP Methodist 2 Palembang yang punya cara unik, dengan mengajak para siswa berkunjung ke panti jompo Myria

Makan Bersama Lansia di Panti Jompo Myria
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para siswa SMP Methodist 2 Palembang saat berkunjung ke panti jompo Myria, Senin (10/12/2018) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mengajarkan rasa peduli dan berempati kepada anak-anak tentulah bisa dilakukan dimana saja.

Guru SMP Methodist 2 Palembang yang punya cara unik, dengan mengajak para siswa berkunjung ke panti jompo Myria, Senin (10/12/2018).

Anak-anak pun sangat bersemangat saat mengunjungi para lansia ini.

Tanpa malu dan ragu, beberapa diantaranya dengan lancar berkomunikasi kepada para lansia. Bahkan ada juga yang sampai menyuapi mereka makan supaya terlihat semakin akrab.

Kepala SMP Methodist 2 Palembang, Nur Wijayanti S.Pd mengatakan, kegiatan mengunjungi panti jompo ini merupakan Cristmas Carol.

"Jadi sekolah kita ini punya 3 arah yang mau dicapai, yakni sekolah bersih, krearivitas dan pembelajaran aktif lalu menjadi berkat. Nah kunjungan ke panti jompo ini merupakan capaian dari menjadi berkat dengan mengaja siswa langsung dan berinterkasi melihat bagimana sisi kehidupan disana," ujarnya.

Maka itu selain berhubungan dengan capaian ketiga, kegiatan ini juga sekaligus menyongsong Natal yang tidak lama lagi.

"Kami berharap dalam kunjungan ini anak-anak mendapat pembelajaran yang baik, meningkatkan empati mereka agar lebih peduli lagi tergadap orangtua. Makanya mereka ikut menyuapi langsung saat makan siang, mendengarkan cerita, dan sebagainya," ungkapnya.

Apalagi lansia yang dilayani ini rata-rata diatas usia 70 tahun ke atas. Anak-ana pun terlihat antusias karena sebelumnya mereka tidak pernah melakukan hal seperti ini.

"Mereka harus memahami, bahwa untuk berbagi dan peduli tidak harus dengan kemewahan. Cukup bercengkrama dan berinteraksi dengan lansia di panti jompo ini saja sudah sangat baik. Sekaligus menjadi refleksi bagi mereka, untuk memperlakukan orangtua mereka sendiri dengan baik ke depannya," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, ada 25 siswa dan 8 guru pendamling yang ikut. Selama kunjungan, siswa dengan leluasa berkomunikasi dengan para lansia.

Bahkan penghuni panti jompo Myria pun sangat senang bisa dikunjungi anak-anak yang ceria tersebut.

Penulis: Yuliani
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved