Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia, Diperingati Setiap 9 Desember. Punya Tujuan Mendalam

Menurut sejarah, pada tanggal 9 Desember, sejarahnya lahirnya Hari Anti Korupsi Internasional dengan resolusi 58/4 pada tanggal 31 Oktober 2003.

Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia, Diperingati Setiap 9 Desember. Punya Tujuan Mendalam
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Spanduk berukuran 30 meter (m) x 50 m bertuliskan "Berani Jujur Hebat" dipasang di Gedung Balaikota DKI Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2012). Pemasangan spanduk itu sendiri untuk memeringati Hari Antikorupsi Se-dunia yang jatuh pada hari itu. Di kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, akan membangun budaya transparan untuk memerangi korupsi di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. 

SRIPOKU.COM - Setiap tanggal 9 Desember, masyarakat di seluruh dunia memperingati “Hari Anti Korupsi Sedunia”.

Peringatan tahun ini merupakan peringatan yang ke 15 sejak pertama kali ditetapkannya Hari Anti Korupsi Sedunia, yang diresmikan pada 9 Desember 2003.

Dalam catatan sejarah, pada tanggal 9 Desember, sejarahnya lahirnya Hari Anti Korupsi Internasional dengan resolusi 58/4 pada tanggal 31 Oktober 2003.

Sidang Umum PBB menetapkan tanggal 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia.

Keputusan ini dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran serta kewaspadaan kita terhadap maraknya korupsi, dan juga peranan Konvensi PBB dalam melawan korupsi, baik memeranginya maupun dalam melakukan upaya pencegahan terhadap korupsi.

Tersangka Korupsi
Tersangka Korupsi (Kolase Sriwijaya Post)

Dilansir dari wordpress.com, sidang Umum pada waktu itu, mendesak semua negara dan organisasi-organisasi regional yang kompeten menyangkut integrasi ekonomi untuk menanda-tangani dan men-sahkan Konvensi PBB melawan Korupsi (UNCAC: United Nations Covention against Corruption) untuk menjamin kecepatan proses perlawanan terhadap korupsi.

Konvensi Anti Korupsi PBB ini sepakati oleh 133 negara.

UNCAC merupakan instrumen anti-korupsi pertama yang mengikat secara hukum, yang memberikan kesempatan bagi adanya suatu respons global terhadap korupsi.

Konvensi ini dimaksudkan untuk memerangi tindak korupsi yang dinilai sudah merajalela dimana-mana.

Sejak pertemuan konvensi itulah, pada tanggal 9 Desember ditetapkan dam sekaligus diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia.

Halaman
12
Penulis: Rizka Pratiwi Utami
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved