Lestarikan Adat, Pemkab Muba Bangun Rumah Limas Bagi Kantor Pembina Adat

Upaya melestarikan adat istiadat dan kebudayaan di Bumi Serasan Sekaye terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Hal tersebut a

Lestarikan Adat, Pemkab Muba Bangun Rumah Limas Bagi Kantor Pembina Adat
SRIPOKU.COM/CR13
Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin bersama tokoh adat di Muba ketika menghadiri rapat tahunan pembina adat Muba. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU—Upaya melestarikan adat istiadat dan kebudayaan di Bumi Serasan Sekaye terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Hal tersebut akan dilakukan oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dengan menggandeng langsung Forum Pembina Adat dengan membangun rumah adat Limas Sekayu sebagai kantor operasional. 

“Sejarah dan adat istiadat di Kabupaten Muba sangat beragam, oleh karena itu kita sebagai generasi sekarang perlu menjaga dan melestarikannya. Kita bersama Forum Pembina Adat di Kabupaten Muba akan membangun rumah limas di Sekayu, nanti disana bisa dijadikan juga seperti museum adat istiadat yang ada di Muba,”kata Dodi di sela menghadiri Pembukaan Rapat Tahunan Pembina Adat Kabupaten Muba, Kamis (6/12/18) di Griya Serasan Sekate. 

Lanjutnya, selain sebagai tempat melestarikan ada istiadat nantinya rumah tersebut bis di jadikan pusat edukasi untuk mengenalkan adat di Muba kepada anak-anak. “Generasi saat ini ataupun mendatang harus mengetahui sejarah dan adat istiadat Kabupaten Muba yang terkenal,”ujarnya.

Pihaknya sangat berterima kasih atas apresiasi dari Pembina Adat di Muba, terutama Forum Pembina Adat. Dimana sebagai salah satu pihak yang mengusulkan pembuata  Perda Pesta Rakyat. "Alhamdulillah saat ini Perda Pesta Rakyat sudah terealisasi dan mulai ditaati warga," ungkapnya.

Sekolah di Muba Wajib Memiliki Duta Baca. SMPN 3 Lais Lakukan Teleconference dengan SMP di Swedia

Tolak Rujuk, Wanita di Palembang Ini Diancam Mantan Suaminya Pakai Pistol

Berita Muba: Setelah 9 Tahun Buron, Tersangka Penikam Briptu Fransisco Edwardsyah Ditangkap

Sementara itu, Wakil Ketua Pembina Adat Muba KH Yusman Haris mengatakan tujuan dilakukannya rapat tahunan Pembina Adat ini untuk mencapai daya guna dalam pengembangan adat istiadat di Kabupaten Muba.

"Selain itu, juga akan dilakukan pemilihan Ketua Forum Adat yang baru karena Ketua sebelumnya telah meninggal dunia," ungkapnya. 

Ia menambahkan, selama dua tahun belakangan ini di era kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin perhatian terhadap adat budaya di Muba ini sangat baik, terlebih Bupati telah mengeluarkan Perda Pesta Rakyat.

"Forum Pembina Adat di Muba akan terus berusaha mendukung kebijakan Bupati dan turut andil menciptakan Muba menjadi daerah yang maju dan sejahtera,"jelasnya. (cr13)

====

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved