Berita Palembang

Kawasan Seberang Ulu Segera Nikmati Gas Alam

Dalam waktu dekat, warga yang berada di wilayah Seberang Ulu dapat menikmati aliran gas alam di setiap rumah.

Kawasan Seberang Ulu Segera Nikmati Gas Alam
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Pekerja sedang menggali parit untuk menanamkan pipa jaringan gas alam di kawasan Seberang Ulu Kota Palembang. 

Laporan wartawan sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dalam waktu dekat, warga yang berada di wilayah Seberang Ulu dapat menikmati aliran gas alam di setiap rumah.

Saat ini, pengerjaan pemasangan pipa jaringan dan pipa ke rumah-rumah warga, terus dikerjakan. Sehingga, dalam waktu dekat masyarakat bisa menggunakan gas alam tersebut.

"Saat ini, yang baru terdata 4.315 rumah dan dilakukan pemasangan jaringan pipa di empat kecamatan kecuali Kertapati. Dari empat kecamatan, baru empat kelurahan yang pipanya sudah masuk dan jaringan dipasang. Empat kelurahan yang akan dipasang pipa dan jaringan ke rumah antara lain 16 Ulu, Plaju Ulu, 5 Ulu dan Tuan Kentang," ujar Humas Lapangan PT Torindo Utama Sakti, Apri, Kamis (6/12/2018).

Proyek gas alam yang sedang dikerjakan ini, merupakan proyek nasional milik Kementerian ESDM yang dilimpahkan ke Pertagas. Pelimpahan ini, karena Pertagas memiliki tenaga ahli dalam pengerjaan proyek.

Untuk tahun 2018 baru akan terpasang 4.315 sambungan gas alam ke rumah-rumah. Rencananya, akan ada 30 ribu lebih rumah yang akan dipasang gas alam untuk wilayah Seberang Ulu. 30 ribu itu, masuk proyek pemasangan tahun 2019-2020.

"Ini pemasangan untuk rumah tangga secara gratis dan sudah di data sebelumnya. Sosialisasi juga sudah dilakukan terhadap ketua RT. Awalnya, untuk tahun 2018 ini Pemkot Palembang mengajukan 10 ribu pemasangan baru. Tetapi, Kementerian ESDM baru bisa menyanggupi 4.315 rumah dan sisanya masuk anggaran tahun 2019-2020," ujarnya.

Kapendam II Sriwijaya Benarkan Serda Chandra Diduga Terlibat Penembakan di Prabumulih

Kapolres Prabumulih Ungkap Terduga Pelaku Pembunuhan Sadis di Prabumulih

Niat Bunuh Diri, Oknum TNI Pelaku Pembunuhan Sadis di Prabumulih Terungkap

Sisa dari pemasangan pipa gas ke rumah tangga, nantinya akan dilaksanakan di tahun 2018-2020.

Pemasangan di tahun 2019-2020, selanjutnya akan dilakukan pendataan ulang melalui RT, sehingga semua rumah tangga yang ada di wilayah Seberang Ulu bisa menggunakan gas alam.

Selain itu, penggunaan gas alam ini dinilai lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan penggunaan tabung gas.

"Dibandingkan dengan Tabung gas 3kg dan 12kg, sambungan gas alam ini lebih aman lantaran tidak rentan akan kebocoran dan juga lebih hebat karena bayarnya tergantung pemakaian," jelasnya.

Mengenai pembayarannya, lanjut Apri, sistem pembayaran dari penggunaan gas alam ini sama seperti token PLN.

Masyarakat bisa membeli token untuk dapat menggunakan gas alam bagi kebutuhan pemasangan di rumah. Nantinya, setiap rumah akan dipasang satu pipa dan satu meteran untuk digunakan satu kompor.

Pemasangan dilakukan secara gratis karena memang proyek nasional ini diperuntukan bagi rumah tangga.

"Sebelumnya, pendataan yang dilakukan hanya menyerahkan Kartu keluarga dan ditempel stiker sebagai bukti sudah di data dan akan dipasang pipa. Untuk masalah pembelian token, sementara ini baru bisa dibeli di kantor-kantor milik SP2J. Karena, nantinya pengelolaannya akan diserahkan ke pihak SP2J," jelasnya.(cr2)

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved