Berita Ogan Ilir

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir akan Lelang Lebak Lebung Sumber Daya Perikanan Air Tawar

Sebanyak 241 desa dari 15 kecamatan di lingkungan Kabupaten Ogan Ilir bakal melaksanakan lelang Sumber Daya Perikanan (SDP).

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir akan Lelang Lebak Lebung Sumber Daya Perikanan Air Tawar
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI/DOKUMEN
Salah satu titik lebung di Ogan Ilir yang dilelang. 

Laporan wartawan sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA--Sebanyak 241 Desa dari 15 Kecamatan dalam lingkungan Kabupaten Ogan Ilir bakal melaksanakan lelang Sumber Daya Perikanan (SDP).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Ogan Ilir melalui Sekretaris Hasan Herry, Rabu (5/12) saat dibincangi di ruang kerjanya.

Menurutnya, berdasarkan jadwal pelaksanaan lelang yang telah ditentukan untuk lelang tahap satu sebanyak 151 Desa akan dilaksanakan pada Senin (10/12) nanti.

Kemudian untuk lelang Lebak Lebung atau SDP tahap kedua, pihak Dinas Perikanan Pemda OI nanti menjadwalkan kembali usai lelang tahap pertama selesai.

Lokasi pelaksanaan lelang SDP berlangsung di masing-masing kantor Camat. "Total secara keseluruhan Kabupaten Ogan Ilir berjumlah 16 Kecamatan. Dari 16 Kecamatan tersebut, hanya Kecamatan Payaraman saja yang tidak mengikutsertakan lelang dengan alasan tertentu," kata Sekretaris Dinas Perikanan Pemda OI Hasan Herry.

Ia menjelaskan, desa-desa yang melaksanakan kegiatan lelang sumber daya perikanan antara lain yakni Desa-desa yang berada di Kecamatan Pemulutan, Indralaya, Muara Kuang, Tanjung Raja dan Kecamatan-kecamatan lainnya.

Datsun Go Live Special Version Telah Tersedia di Seluruh Dealer Datsun Harganya Rp 134 Juta

Rumah Panggung Dua KK di Ujan Mas Muaraenim Terbakar Berikut Uang Tunai Rp 34 Juta

Pembangunan Pasar Baru Pangkalan Balai Banyuasin Senilai Rp 5,3 Miliar Terancam tajk Sesuai Target

Sekretaris Dinas Perikanan Pemda OI mengungkapkan, untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor lelang objek perikanan tergolong cukup tinggi, tahun lalu PAD dari sektor lelang mencapai Rp 1.4 milyar.

"Mudah-mudahan tahun ini, akan meningkat dari pencapaian tahun sebelumnya. Tentu kita targetkan Rp 2 Milyar," jelas Hasan Herry.

Sementara diketahui selama ini, sebagian besar wilayah Kabupaten OI terdiri dari kawasan rawa lebak yang kaya akan sumber daya perikanan yang dikelola oleh Pemda Kabupaten OI.

Oleh sebab itu, tingginya biota ikan di air rawa lebak membuat pihak Pemda berinisiatif untuk meningkatkan PAD dari sektor perikanan yang telah diatur berdasarkan peraturan pemerintah dengan cara melaksanakan lelang.

Ditambahkan Hasan Herry, untuk prosedur pelaksanaan lelang sendiri telah diatur oleh masing-masing Desa atau Kelurahan yang berkoordinasi dengan pihak Camat.

Bagi peserta yang berminat mengikuti lelang terbuka silahkan mendatangi kantor Camat masing-masing.

"Prosedur pelaksanaan lelang, kita serahkan ke masing-masing pihak Camat. Lelang lebak lebung dilaksanakan secara terbuka tanpa ada intervensi. Penawar tertinggi, dialah pemenangnya, dan berhak mengelola lebung yang berisi ikan-ikan air tawar," tutur Sekretaris Dinas Perikanan Pemda OI.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved