Berita Palembang

Atasi Banjir di Jalan Nasional Dalam Kota Palembang. P2JN Anggarkan Pembangunan & Perbaikan Drainase

Untuk mengatasi permasalah di titik banjir yang ada di jalan nasional dalam Kota Palembang, Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan

Atasi Banjir di Jalan Nasional Dalam Kota Palembang. P2JN Anggarkan Pembangunan & Perbaikan Drainase
IST
Kepala Satker P2JN BBPJN V Sumatera Selatan, Dadi Muradi 

PALEMBANG, SRIPO -- Untuk mengatasi permasalah di titik banjir yang ada di jalan nasional dalam Kota Palembang, Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Nasional (P2JN) berencana melakukan perbaikan sistem drainase yang ada di ruas jalan nasional.

Untuk perbaikan dan pembangunan ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, Pemkot, Pemprov dan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII.

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan dan Jembatan Nasional (P2JN), Dadi Muradi ST MT mengatakan salah satu yang menjadi fokus di 2019 ini adalah penanganan banjir di Kota Palembang.

Harga Gas Tinggi, PT Pusri Sulit Lakukan Revitalisasi Pabrik

Kendala Pembangunan Plaza Aldiron Cinde, Struktur Tanah Diluar Dugaan Pengelola

Pemprov Sumsel Optimistis Lanjutkan Pembangunan Aldiron Plaza Cinde

"Sebenarnya ada 15 titik banjir yang ada di jalan nasional dalam Kota Palembang, namun ada tujuh titik yang cukup besar dan massa surutnya itu lama, seperti di Jl Kol H Burlian, tepatnya di depan Graha Pena, depan Darma Agung. Sedangkan titik lainnya ada di Jl Soekarno Hatta, Basuki Rahmat dan beberapa titik lainya," katanya.

Dadi menjelaskan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang, terutama untuk jalan air menuju tempat penampungan sementara atau kolam retensi.

"Tugas Pemkot Palembang yaitu mengelola dan membersihkan saluran menuju otlet-otlet ke kolam retensi serta pemprov dan BBWS di kolam retensi, karena kalau tidak pekerjaan perbaikan drainase akan percuma jika saluran menuju kolam retensi tidak diperbaiki, termasuk kolam retensinya sendiri tidak dilakukan pengerukan," ujarnya.

Geluti Bisnis Narkoba, Dua Pemuda Warga Kepur Diamankan Petugas

SEDANG BERLANGSUNG, Ini Link Live Streaming Indosiar Pertandingan PSMS Medan vs PS TIRA (PS TNI)

Polres Pagaralam Gerbek Gudang Berisi 6.808 Botol Miras. Wako Pagaralam Prihatin

Dadi menegaskan, pihak Balai Besar Jalan Nasional akan melakukan perbaikan sistem drainase di jalan nasioanl namun perlu didukung dengan sistem otlet yg baik karena sebelum diperbaiknya jalan air menuju kolam retensi dan pengerukan kolam retensi perlu dilakukan juga karena sedimentasinya sudah cukup tinggi.

Tak hanya itu saja, untuk mengatasi permasalahan banjir, pada 2019 mendatang pihaknya akan kembali memasang satu unit Box culvert di jalan Kolonel H Burlian.

"Dalam upaya mengurangi genangan air di sepanjang jalan Kolonel H Burlian akibat hujan, pada 2019 kami akan kembali memasang satu box culvert lagi, dimana pada tahun ini sudah ada dua titik yang kami pasang box culvert, yakni di depan Graha Pena dan di depan Darma Agung," ujarnya.

Persimura vs Sriwijaya FC Kemungkinan Mengalami Perubahan Jadwal, Bakal Main di Palembang

Polres Pagaralam Gerbek Gudang Berisi 6.808 Botol Miras. Wako Pagaralam Prihatin

Video Detik-detik Polres Pagaralam Gerbek Gudang Miras, Sempat Dikelabui Dengan Kardus Mie Instan

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Bastari mengatakan pihaknya akan mengikuti apa yang menjadi masukan untuk mengatasi permasalahan banjir yang ada di Kota Palembang.

"Termasuk pengerukan kolam retensi juga akan kami lakukan, meskipun tidak dianggarakan dalam APBD untuk tahun ini. Tapi kami akan berusa mencarikan solusinya. Kami akan bekerja sama dengan balai," ujarnya

 

Editor: Siti Olisa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved